Tidak Main-Main, Pelanggar Protokol Kesehatan Diancam Pidana

Polisi membagikan masker ke pengendara roda empat di Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Sabtu (25/7/2020). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Indonesiainside.id, Tanjung Selor – Pelanggaran protokol kesehatan selama masa pandemi saat ini menjadi tantangan tersendiri bagi pemerintah. Strategi dan publikasi mengenai kewajiban menaati protokol kesehatan bisa jadi akar masalahnya. Namun, sepertinya pemerintah tidak mau tahu.

Tidak main-main, Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie mengancam warganya yang tidak taat protokol kesehatan dengan hukuman pidana. Aturan itu segera diterbitkan lewat Peraturan Gubernur (Pergub) sebagai tindak lanjut Inpres Nomor 6/2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19.

“Ingat, sesuai Inpres itu, kepada warga yang melanggar, akan dikenakan denda berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp2 juta. Bahkan, jika pelanggarannya berat, dapat pula dipidana,” kata dia, di Tanjung Selor, Sabtu (8/8).

Dia berharap masyarakat dapat tetap waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam masa pandemi ini. Menindaklanjuti Inpres tersebut, selain Pergub juga Perda segera dibuat agar memiliki kekuatan hukum untuk penerapan sanksi maupun denda bagi warga Kalimantan Utara yang melanggar kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan yang dalam pengawasannya nanti akan melibatkan TNI/Polri.

Sebelumnya, pada 4 Agustus 2020, Presiden Joko Widodo menerbitkan Instruksi Presiden Nomor 6/2020 terkait Pelaksanaan Protokol Kesehatan Covid-19. Inpres Nomor 6/ 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Instruksi Presiden ini diperuntukkan bagi seluruh provinsi, kabupaten/kota dan di seluruh Indonesia. Inpres Nomor 6/2020 itu untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan sesuai tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masing dalam menjamin kepastian hukum, memperkuat upaya dan meningkatkan efektivitas pencegahan dan pengendalian Covid-I9 di seluruh daerah provinsi serta kabupaten/kota. (Aza/Ant)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here