Bendera Merah Putih 63 Meter Hiasi Pesisir Laut Makassar

Bendera merah putih
Tim membentangkan bendera merah putih sepanjang 63 meter di pinggir pulau Lae-lae, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (17/8). Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Makassar – Beragam kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia telah berlangsung, Senin (17/8). Salah satunya yakni pengibaran bendera merah putih sepanjang 63 meter di pesisir laut.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh sejumlah aktivis peduli lingkungan bersama mahasiwa pencinta alam (Mapala) di Makassar. Mereka membentangkan puluhan meter bendera Merah Putih itu di pesisir laut Pulau Lae-Lae, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

“Pembentangan bendera Merah Putih ini melibatkan 50 orang. Dan 30 orang di antaranya harus berenang membentangkan bendera merah putih di perairan Makassar,” ujar Tim Pengarah dari Mapala 45 Makassar, Awaluddin.

Ia menuturkan, cara berbeda ini dilakukan sebagai rangkaian memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Mengingat, Kota Makassar memiliki beberapa pulau maka diputuskan untuk membentangkan bendera kebangsaan di laut.

Pembentangan bendera sepanjang 63 meter dengan lebar 32 meter dan berat 90 kilogram ini sebagai bagian dari upacara bendera yang dilaksanakan di laut. Awaluddin memaparkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan semangat perjuangan, khususnya bagi generasi muda yang mulai lupa tentang bagaimana perjuangan para pahlawan meraih kemerdekaan.

“Laut dipilih sebagai lokasi pembentangan bendera, agar seluruh peserta tetap menjaga kelestarian laut,” urai Koordinator Dewan Kehormatan Mapala 45 Makassar itu. Selain kegiatan itu, peserta juga melaksanakan aksi memungut sampah di kawasan Pulau Lae-lae, dari aksi tersebut, tim gabungan berhasil mengumpulkan sampah seberat satu ton. (RAM/Ant)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here