Pengguna Jalan Tol Kota Jambi Peringati Detik-detik Proklamasi di Jalanan

Pengguna jalan baik pengendara roda empat, roda dua, pedagang asongan di kawasan persimpangan lampu lalu lintas ikut memperingati detik detik proklamasi (antara)

Indonesiainside.id, Jambi—Meski berada di jalan, pengguna jalan di persimpangan Kota Jambi Provinsi Jambi ikut memperingati detik detik proklamasi.  Mereka melakukan penghormatan terhadap bendera merah putih dengan sikap berdiri sempurna pada hari Senin (17/8).

Para pengguna jalan baik itu pengendara roda empat, roda dua, pedagang asongan dan pengguna jalan lainnya yang berada di kawasan persimpangan lampu lalu lintas ikut memperingati detik detik proklamasi. Prosesi acara ini dilakukan selama tiga menit dari Pukul 10.17 WIB hingga pukul 10.20 WIB.

Peringatan tersebut terjadi di persimpangan, karena pada saat itu lampu lalu lintas seluruhnya berwarna merah. Hal tersebut sengaja dilakukan Pemerintah Kota Jambi untuk memperingati detik detik proklamasi.

Dengan memanfaatkan teknologi Area Traffic Control System (ATCS) yang dikendalikan dari ruang kendali Jambi City Operation Center (JCOC) di 16 titik persimpangan dalam wilayah Kota Jambi, secara serentak detik detik proklamasi diperingati dan lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan.

Salah seorang pedagang asongan mengaku, selama ia hidup baru kali ini ikut memperingati detik detik proklamasi di jalan. “Saya terharu, soalnya kita orang susah, untuk ikut upacara kita tidak bisa karena harus mencari uang, dengan momentum tadi kita senang dan bangga karena bisa memperingati detik detik proklamasi walaupun seadanya,” kata pedagang asongan Rusdi.

Kasatlantas Polres Kota Jambi Kompol Doni Wahyudi mengatakan kegiatan tersebut sengaja dilakukan untuk mengajak masyarakat mengenang jasa para pahlawan. Tidak semua lapisan masyarakat dapat memperingati detik detik proklamasi karena tuntutan mereka berbeda beda.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here