Wali Kota Moestadjab, Perintis Pembangunan Surabaya yang Terlupakan

Nisan Moestadjab Soemowidigdo dan isterinya, Isminah Moestadjab, di tempat pemakaman umu (TPU) Karang Tembok, Surabaya, Minggu (16/8/2020). Indonesiainside.id/Mamuk Ismuntoro

Indonesiainside.id, Surabaya – Kamis, 2 April 1953, sebuah maklumat wali kota Surabaya menyerukan warganya untuk memberi pagar atau tanda pada lahan kosong yang tidak digunakan.

Dalam alinea berikutnya, wali kota Surabaya periode 1952-1956, Moestadjab Soemowidigdo, juga memerintahkan kepada pemilik tanah untuk membersihkan lahannya sehingga memenuhi syarat-syarat kesehatan yang telah ditetapkan.

Maklumat Moestadjab itu menjadi salah satu penanda perhatian sang pemimpin kepada tata kotanya, termasuk di dalamnya aspek kebersihan dan kesehatan.

Sebelum menjabat wali kota Surabaya, Moestadjab adalah wakil wali kota Doel Arnowo, pemimpin kota Surabaya ke-4 pasca revolusi kemerdekaan. “Tahun 1952, Doel Arnowo mendapat tugas baru, ditarik Soekarno ke Jakarta, sehingga Moestadjab naik jadi wali kota hingga tutup usia pada 11 Oktober 1956,” tutur Dhahana Adi, penulis buku Surabaya Punya Cerita dan pegiat Paguyuban Seni Budaya Nusantara (Paseban) Surabaya kepada Indonesiainside.id, Sabtu (16/8).

Jejak kepemimpinan Moestadjab sudah teruji sebelumnya saat memperbaiki sistem administrasi pemerintahan kala menjabat sebagai Bupati Jombang selama setahun.

Catatan sejarah memang kerap tertimbun peristiwa-peristiwa mutakhir. Kurangnya narasi akademik atau formal tentang jejak sejarah kota membuat banyak peristiwa penting tak teridentifikasi dengan baik oleh masyarakat, termasuk pemerintah kota.

Kini, jejak wali kota Moestadjab Soemowidigdo yang memiliki perhatian kepada persoalan kebersihan dan ketertiban tata kota tak lebih dari nama sebuah jalan di dekat Balai Kota Surabaya. Selebihnya, warga hanya mengenal nama Jalan Wali Kota Mustajab sebagai salah satu pusat kuliner populer di Surabaya. Ada sate klopo yang tak pernah sepi pembeli, atau warung mi Jawa yang populer di kawasan ini.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here