Pandemi Covid-19, Pemerintah Kulon Progo Dongkrak Ekonomi Warga Melalui Pertanian

petani
Ilustrasi petani sedang mencabut benih padi untuk ditanam lagi. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Yogyakarta – Pemerintah Kabupaten Kulon Progo membangkitkan sektor pertanian untuk mendongkrak perekonomian masyarakat pada masa pandemi virus corona (Covid-19). Bupati Kulon Progo, Sutedjo, mengatakan bahwa sektor pertanian mendominasi produk domestik regional bruto (PDRB) lebih dari 20 persen, sehingga sektor pertanian akan mendapat perhatian khusus dalam masa pandemi Covid-19, khususnya dalam rangka mendongkrak perekonomian masyarakat melalui sektor pertanian.

“Tulang punggung perekonomian di Kulon Progo masih ditopang dari sektor pertanian, karena masyarakat masih agraris. Kegiatan pertanian dalam arti luas mulai dari tanaman pangan, hortikultura, peternakan dan perkebunan akan diberdayakan dari hulu sampai hilir,” ujarnya di Kulon Progo, Selasa (18/8).

Ia menuturkan, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo akan meminta dinas pertanian dan pangan untuk membuat program percepatan pengembangan sektor pertanian menuju industri pertanian. Pada masa seperti ini, sektor pertanian harus menjadi penggerak perekonomian warga.

Saat ini, produk unggulan sektor pertanian di Kulon Progo adalah padi, cabai, bawang merah, kopi, semangka hingga melon. Produk pertanian di Kulon Progo, khususnya cabai mampu menembus pasar nasional.

“Ke depan, pertanian di Kulon Progo harus mampu meningkatkan pendapatan masyarakat, dengan pemberdayaan potensi dan produksi pertanian dari hulu sampai hilir. Ini menjadi tugas bersama,” kata Sutedjo.

Selain sektor pertanian, lanjut Sutedjo, sektor jasa juga mulai tumbuh pesat di Kabupaten Kulon Progo pada masa pandemi ini, karena beroperasinya Bandara Internasional Yogyakarta. “Pertumbuhan sektor jasa ini memang belum besar, namun sudah cukup bagus untuk menggerakan perekonomian masyarakay di masa pandemi Covid-19,” paparnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here