Warga Diimbau Tidak Kucilkan Penderita Virus Corona

Ilustrasi penanganan pasien Covid-19. Foto: Anadolu

Indonesiainside.id, Rejang Lebong – Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu meminta masyarakat daerah itu untuk tidak mengucilkan warga yang dinyatakan positif COVID-19.

“Jika di sekitar kita ada yang terkena positif, tidak perlu dikucilkan dan cepat diberitahukan kepada gugus tugas desa atau kelurahan maupun Puskesmas setempat supaya bisa dilakukan pelacakan kontak warga yang dinyatakan positif tersebut,” kata Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syamsir di Rejang Lebong, Sabtu (22/8).

Dia menambahkan kasus warga Kabupaten Rejang Lebong yang dinyatakan terkonfirmasi positif dalam beberapa hari belakangan semakin meningkat dan hingga kini sudah ada tujuh warga yang terpapar, kemudian tiga orang lainnya sudah dinyatakan sembuh dan empat kasus masih dalam penanganan tim medis dan isolasi mandiri.

Untuk itu masyarakat Rejang Lebong kata dia, diminta agar meningkatkan upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran COVID-19 dengan jalan menyediakan sarana cuci tangan dengan sabun dengan air yang mengalir, sarana ini harus disiapkan warga di depan rumah masing-masing.

Sedangkan upaya lainnya ialah dengan selalu memakai masker saat keluar rumah maupun saat melakukan aktivitas kemasyarakatan termasuk saat menjalankan ibadah, menjaga jarak dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Imbauan dan anjuran yang mereka sampaikan itu kata dia, sudah diatur dalam Inpres No.6/2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian COVID-19, sehingga masyarakat harus mematuhinya karena jika dilanggar bisa dikenakan sanksi.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here