77 Santri di Pondok Pesantren Darussalam Positif Covid-19

Rapid Test oleh Puskesmas setempat. Foto: antara

Indonesiainside.id, Banyuwangi – Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, mencatat sedikitnya 77 orang santri di Pondok Pesantren Darussalam, Blokagung, Banyuwangi, terpapar virus corona (Covid-19).

Dalam keterangan yang dikutip dari Antara, Jumat malam, juru bicara Pondok Pesantren Darussalam, Blokagung, Banyuwangi, Nihayatul Wafiroh menyampaikan bahwa sejak proses pembelajaran dan kegiatan pesantren dimulai telah menerapkan protokol kesehatan dengan prosedur secara ketat.

“Antara lain pesantren membentuk Satgas Covid-19 dan mewajibkan para santri yang kembali ke pesantren membawa surat keterangan sehat (hasil tes cepat/swab) dan pesantren juga menyediakan fasilitas yang memenuhi protokol kesehatan dan mengharuskan para santri berolahraga secara rutin untuk menjaga imun tubuh,” katanya.

Saat pesantren menemukan ada santri yang terkonfirmasi terpapar Covid-19, lanjut dia, pihak pesantren telah berkoordinasi dengan Satgas Penanganan Covid-19 dan Dinas Kesehatan untuk mengambil langkah-langkah sesuai ketentuan, seperti melakukan isolasi dan perawatan, penelusuran kontak erat, melakukan tes cepat dan tes usap serta fokus pada proses penyembuhan.

“Pesantren juga mohon maaf jika untuk sementara waktu mengambil kebijakan pengetatan kegiatan di lingkungan pesantren. Pembatasan kunjungan wali santri, penutupan tempat ziarah sesepuh pesantren bagi masyarakat umum,” kata Nihaya, yang juga disiarkan secara langsung melalui akun resmi pesantren di sosial media facebook.

Ia pun mengimbau kepada seluruh wali santri untuk tetap tenang dan sabar, karena saat ini keadaan pesantren dalam keadaan kondusif dan pesantren berusaha sebaik-baiknya melakukan penanganan serta melakukan tindakan pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan pesantren.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here