Puluhan Ribu Wisatawan Datang ke Gunung Kidul Selama Libur Panjang Tahun Baru Islam

Indonesiainside.id, Gunung Kidul – Sebanyak 51.492 wisatawan menikmati sejumlah objek wisata di Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama libur panjang tahun baru Hijriah, sehingga mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat, khususnya pelaku wisata di wilayah itu.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Harry Sukmono di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan libur panjang minggu lalu mampu mendongkrak kunjungan wisawatan untuk menikmati potensi wisata yang ada di Gunung Kidul.

“Berdasarkan data yang masuk, jumlah wisatawan selama Rabu (19/8) hingga Minggu (23/8) yang berlibur ke Gunung Kidul sebanyak 51.492 orang dengan pendapatan retribusi wisata sebesar Rp428,23 juta. Pendapatan dan jumlah kunjungan wisatawan tersebut di luar proyeksi kami. Hal ini mengingat saat ini masih pada masa pandemi COVID-19,” kata Harry.

Ia mengatakan pada pandemi COVID-19 tetap menghadirkan kerinduan masyarakat untuk berlibur. Selama libur panjang tahun baru Hijriah, Dispar Gunung Kidul menerapkan protokol kesehatan secara ketat, petugas tidak akan segan-segan memaksa wisatawan untuk memakai masker dan membeli masker.

“Kami menyadari wisatawan adalah tamu di Gunung Kidul, tapi kami juga tidak mengharapkan sektor pariwisata akan menyebakan klaster baru penyebaran COVID-19. Kami mengucapkan terima kasih kepada wisatawan yang berlibur ke Gunung Kidul,” katanya.

Harry juga mengakui libur tahun baru Hijriah juga menggeliatkan perekonomian masyarakat di Gunung Kidul, khususnya penyedia jasa usaha pariwisata mulai dari pusat oleh-oleh, rumah makan, hotel atau penginapan hingga travel. Meski tidak begitu signifikan, setidaknya ada pergerakan ekonomi di masyarakat.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here