Puluhan Ribu Wisatawan Datang ke Gunung Kidul Selama Libur Panjang Tahun Baru Islam

“Kami menyadari untuk memulihkan kembali ekonomi bisa dimulai dari sektor pariwisata. Untuk itu, kami mengajak masyarakat dan pelaku wisata bersinergi menerapkan protokol kesehatan sektor pariwisata secara ketat,” harapnya.

Lebih lanjut, Harry mengatakan kawasan pantai menjadi sasaran kunjungan karena areanya luas dan banyak pilihan seperti Pantai Baron, Kukup hingga Wediombo. Pantai di Gunung Kidul memiliki karakteristik berbeda-beda, sehingga pengunjung tidak bosan untuk datang. Namun demikian, masih ada kawasan pantai yang belum melakukan uji coba yakni Pantai Ngeden.

Untuk obyek wisata lainnya juga belum melakukan uji coba seperti Hutan Wonosadi, Gunung Gambar, Gunung Ireng, Embung Batara Sriten, Gunung Gentong, dan Gren Village. Untuk pengunjung kawasan wisata pihaknya tetap mewajibkan pengunjung mematuhi protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan mengisi aplikasi visit jogja. Pengelola wisata wajib menyediakan tempat cuci tangan, dan sarana lainnya.

“Kami akan membuka seluruh objek wisata di Gunung Kidul secara bertahap. Sesuai kesiapan sarana dan prasarana di objek wisata masing-masing. Hal itu syarat mutlak untuk mendapat izin uji coba pembukaan objek wisata,” katanya.

Sementara Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunung Kidul Marjono saat libur tahun baru Hijriah melakukan razia pemakaian masker terhadap wisatawan.(AIF/ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here