Kabar Gembira, KRL Segera Beroperasi di Rute Solo-Yogyakarta

KRL_Manggarai_ penumpang
Penumpang yang berdiri berdekatan di dalam Kereta Rel Listrik (KRL) di Stasiun Manggarai, Rabu (13/5). Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Yogyakarta – Kabar gembira bagi warga Solo, Yogyakarta, Klaten, dan sekitarnya. Dalam waktu dekat, kereta rel listrik (KRL) segera dioperasikan untuk melayani rute Solo-Yogyakarta. KRL akan menggantikan kereta Prambanan Ekspres yang selama ini melayani rute Solo-Yogyakarta hingga Kutoarjo.

“Harapannya, akhir Oktober atau awal November sudah bisa dicoba di sini sampai benar-benar sesuai dengan kondisi sarana dan prasarana yang disiapkan,” kata Senior Manager Kereta Commuter Indonesia (KCI) Wilayah 6 Yogyakarta Dedy Setiawan di Yogyakarta, Jumat (2/10/20).

Dedy mengatakan sejumlah sarana dan prasarana yang terus dipenuhi di antaranya kebutuhan listrik aliran atas, gardu, depo, dan trainset kereta rel listrik yang dibuat di PT INKA.

“Saat ini, kami terus melakukan pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana pendukung untuk operasional kereta rel listrik (KRL),” kata

Ia menyebutkan dari kebutuhan 10 trainset, sudah dapat terpenuhi dua rangkaian kereta yang saat ini tengah dalam proses pengujian endurance di Jakarta. KCI Yogyakarta berharap operasional kereta rel listrik tersebut sudah dapat dilakukan pada awal Januari 2021 atau bahkan diharapkan dapat direalisasikan lebih cepat.

“Tetapi, operasional KRL ini akan dilakukan bertahap yaitu dari Yogyakarta-Klaten terlebih dulu baru kemudian dari Klaten-Solo dan diteruskan hingga ke Kutoarjo. Atau bisa sampai ke Kroya. Harapannya seperti itu,” katanya.

Dedy mengatakan standar operasional KRL yang akan dijalankan di Daop 6 disesuaikan dengan standar yang sudah dijalankan untuk KRL yang selama ini melayani Jabodetabek.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here