Covid-19: Sebanyak 3 Provinsi di Maluku Masuk Zona Hijau

Dari kiri, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Maluku, Kasrul Selang bersama pimpinan RSU di Ambon menggelar jumpa pers, Selasa (9/6/2020). FOTO : HUMAS MALUKU

Indonesiainside.id, Ambon-Kepala Dinas Kesehatan Maluku, dr. Meykal Pontoh mengatakan,  tiga kabupaten di provinsi ini pada posisi 30 September 2020 yang masih tergolong zona hijau setelah tidak adanya pasien terpapar virus corona. Tiga kabupaten itu adalah Seram Bagian Timur,  Kepuauan Tanimbar, dan Buru Selatan.

“Dari pemetaan yang dilakukan, kalau dilihat dari jumlah kasus yang ada maka terdapat tiga kabupaten yang masuk zona hijau yakni Kabupaten Seram Bagian Timur, Kabupaten Kepuauan Tanimbar, serta Kabupaten Buru Selatan,” kata Meykal Pontoh di Ambon, Sabtu (3/10).

Ada 15 indikator penentuan sebuah wilayah masuk zona hijau. Diantaranya terjadi penurunan jumlah kasus positif selama dua pekan terakhir dari puncak tertinggi, kemudian penurunan kasus ODP dan PDP selama dua pekan terakhir dari puncak yang tertinggi, serta jumlah pasien meninggal dunia karena positif Covid-19.

Menurut dia, kegiatan evaluasi dilakukan per dua minggu untuk mengetahui perkembangan jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 atau yang berstatus ODP dan PDP, maupun pasien meninggal dunia. “Jadi up date data ini setiap hari dilakukan sampai dua minggu sehingga bisa diketahui status suatu wilayah itu masuk zona apa, tergantung naik turunnya jumlah orang yang terkena virus corona,” jelas Meykal Pontoh.

Untuk perkembangan situasi Covid-19 di Maluku hingga posisi 1 Oktober 2020 pukul 22:00 WIT tercatat kasus terkonfirmasi sebanyak 2.859 jiwa dan sembuh 1.859 jiwa dengan jumlah kematian 41 orang. Kalau dilihat tren peningkatan jumlah kasus dari grafik yang ada maka terlihat masih ada fluktuatif peningkatan kasus yang terjadi sejak tanggal 20 – 27 September 2020 dengan jumlah kasus 2.859.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here