BMKG: Belokan Angin Akibatkan Potensi Hujan Landa Sebagian Aceh

Perkiraan pergerakan angin di lapisan atmosfer wilayah Indonesia, Senin (5/10/2020). ANTARA/HO-BMKG Aceh

Indonesiainside.id, Banda Aceh – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Aceh menyebutkan masih terjadi belokan angin di lapisan atmosfer yang mengakibatkan potensi hujan melanda sebagian kecil wilayah di Provinsi Aceh.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Aceh Zakaria Ahmad di Banda Aceh, Senin, mengatakan kondisi tersebut menimbulkan pembentukan awan konvektif di provinsi paling utara Sumatera itu.

“Dengan terbentuknya awan-awan konvektif bisa meningkatkan potensi pembentukan awan-awan hujan di sekitar wilayah Provinsi Aceh,” katanya.

Ia menyebut kondisi cuaca tersebut mengakibatkan fenomena cuaca ekstrem, seperti hujan lebat yang disertai kilat atau petir, dan angin kencang, baik pada siang, sore, maupun malam hari.

“Seperti hari ini hujan diperkirakan turun di Gayo Lues, Subulussalam, Aceh Tenggara, Aceh Utara, Aceh Timur, Pidie, dan Aceh Tamiang,” terang dia.

Ia melanjutkan pada Selasa (6/10), potensi hujan terjadi pada empat kabupaten di Aceh, yakni Aceh Tenggara, Aceh Utara, Aceh Tamiang, dan Bireuen.

“Dan pada hari Rabu (7/10), kami perkirakan hujan terjadi di Aceh Tenggara, Langsa, Lhokseumawe, dan Pidie,” ungkapnya.

Namun, lanjut dia, akibat adanya belokan angin di lapisan atmosfer itu tidak berpotensi meningkatkan gelombang laut di wilayah perairan Aceh.

“Untuk wilayah perairan di Aceh normal, dan tidak ada peningkatan gelombang. Saat paling tinggi itu perairan Samudera Hindia barat Aceh sekitar dua hingga tiga meter,” ungkap Zakaria. (Aza/Ant)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here