BMKG Prediksi Aceh Akan Diguyur Hujan hingga Januari 2021

Ilustrasi - Sejumlah petugas sedang memperbaiki ruas jalan yang hampir putus di Desa Lae Sipola, Kecamatan Singkohor, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh Sabtu (19/9/2020). (ANTARA/HO-BPBD Aceh Singkil/aa.)

Indonesiainside.id, Banda Aceh – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi Aceh akan terus diguyur hujan hingga awal Januari 2021. Menurut BMKG, saat ini Provinsi Aceh telah memasuki musim hujan.

“Memang kita (Aceh) sedang memasuki musim hujan dari Oktober, dan diprediksikan sampai dengan awal Januari 2021. Tapi tidak setiap hari hujan,” kata Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Zakaria Ahmad, di Banda Aceh, Sabtu (10/10).

Berdasarkan prediksi BMKG, mulai dua hari ke depan hampir seluruh wilayah di daerah “Tanah Rencong” itu akan diguyur hujan, sekaligus disertai angin kencang, yang puncaknya diprediksi pada November atau Desember 2020.

Dia mengingatkan warga selama musim hujan untuk mewaspadai potensi bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor. Apalagi di wilayah Barat Selatan, Simeulue, Pulau Aceh, Banda Aceh dan Sabang, sebagai wilayah rawan angin kencang.

Untuk daerah bantaran sungai, lanjut Zakaria, warga harus selalu waspada terhadap bencana banjir, sedangkan untuk wilayah pegunungan agar tetap berhati-hati terjadinya tanah longsor.

“Tapi untuk daerah Bener Meriah dan Takengon Aceh Tengah itu juga berpotensi terjadi banjir, karena mereka punya Danau Lut Tawar,” ujarnya.

Disamping itu, Zakaria mengimbau seluruh masyarakat Aceh agar membersihkan selokan dan tidak membuang sampah sembarangan karena bisa menyebabkan terjadinya banjir.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here