Petani Mukomuko Terancam Tidak Bisa Tanam Padi Bantuan Pemerintah karena Tidak Ada Air

Sejumlah hewan ternak sapi mencari makan di lahan yang mengering di Kecamatan Kayangan, Tanjung, Lombok Utara, NTB, Senin (21/10/2019). Menurut data BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat, wilayah NTB saat masih berada di periode musim kemarau dan diprakirakan masih akan berlangsung hingga bulan November 2019 dan masyarakat diimbau agar tetap waspada serta berhati-hati terhadap dampak yang ditimbulkan seperti kekeringan, kekurangan ketersediaan air bersih dan potensi kebakaran lahan di sebagian besar wilayah NTB. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/wsj.

Indonesiainside.id, Bengkulu – Kalangan petani di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, yang mendapatkan bantuan benih padi dari pemerintah pusat terancam tidak bisa menanam benih tersebut karena tidak ada air untuk sawah yang bersumber dari Irigasi Manjuto.

“Petani tetap menerima bantuan benih Inhibrida dari pemerintah, tetapi petani terancam tidak bisa menanam tanaman ini karena pengeringan irigasi Manjuto pada Desember 2020,” kata Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sugiyanto dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu(17/10).

Kabupaten Mukomuko tahun 2020 mendapatkan program peningkatan produktifitas dan mutu tanaman padi berupa bantuan benih padi Inhibrida untuk lahan persawahan seluas 1.100 hektare dari pemerintah pusat.

Seluas 1.100 hektare lahan persawahan yang menerima bantuan berupa benih padi Inhibrida tersebut tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Selagan Raya selias 827 hektare dan Kecamatan Air Manjuto seluas 237 hektare.

Ia mengatakan saat ini kalangan petani yang tersebar di sejumlah desa di Kecamatan Air Manjuto mulai panen, sedangkan para petani di wilayah Kecamatan Selagan Raya sedang tanam.

Menurutnya, tidak mungkin petani di wilayah Kecamatan Air Manjuto yang sudah panen sekarang ini kembali menanam padi bantuan pemerintah tersebut dan risiko tanaman padi rusak karena tidak ada air irigasi.

Begitu juga dengan petani di Kecamatan Selagan Raya yang sedang menanam padi. Petani di wilayah ini sedang menyemai benih tanaman padi sehingga mereka tidak bisa menggunakan benih padi bantuan pemerintah tersebut.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here