Waspadai Bencana di Akhir Tahun, Anggota DPR Fraksi PDIP Diah Pitaloka Minta Pemerintah Bangun Pos Logistik di Jabar Selatan

Anggota Komisi Agama DPR Diah Pitaloka. Foto: Dok Pribadi

Indonesiainside.id, Cianjur – Anggota DPR RI Diah Pitaloka mendorong pemerintah membangun pos logistik di kawasan selatan Jawa Barat, sebagai upaya antisipasi ketika terjadi bencana sehingga distribusi bantuan sembako dan sejumlah kebutuhan korban bencana bisa lebih cepat.

Dia mengatakan selama ini pos logistik daerah, sebagian besar dibangun di wilayah perkotaan, sedangkan bencana alam banyak terjadi di pelosok, sehingga saat terjadi bencana bantuan logistik terhambat karena jarak yang jauh ditambah medan yang sulit dilalui.

“Seperti yang terjadi di Cianjur Selatan, jarak dari pos logistik yang jauh, membuat bantuan terlambat sampai ke titik bencana, sedangkan warga sangat membutuhkan terutama di wilayah yang diterjang banjir. Tidak hanya di Cianjur, namun di sejumlah wilayah di Jawa Barat,” kata anggota Komisi VIII DPR, di Cianjur, Minggu (18/10)

Ia menilai keberadaan pos logistik di wilayah Jabar selatan diperlukan agar pendistribusian bantuan ke lokasi bencana dapat cepat tersalurkan karena sangat dibutuhkan warga yang menjadi korban bencana alam. Bahkan pihaknya menyarankan pos logistik tersebut dibuat beberapa buah di wilayah rawan bencana.

“Kalau memungkinkan, pembangunannya disegerakan tahun ini, karena diperkirakan cuaca ekstrem akibat La Nina akan memasuki puncaknya akhir tahun ini. Sehingga segera dilakukan berbagai upaya antisipasi termasuk membangun pos logistik di wilayah selatan Jabar,” katanya.

Ia menambahkan, keberadaan pos logistik di wilayah selatan tersebut, akan sangat membantu dan memudahkan petugas dan relawan untuk menyalurkan bantuan, tanpa harus menunggu dari pos yang terletak di pusat kota.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here