34 Titik Panas Terdeteksi di Sumatera Utara dan 6.657 Sambaran Petir Selama Pekan Ketiga Oktober

Ilustrasi petir menyambar

Indonesiainside.id, Medan – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pada Senin terdeteksi sebanyak 34 hotspot atau titik panas di Provinsi Sumatera Utara. Selain itu, terjadi juga petir sebanyak 6.657 sambaran pada pekan ketiga (periode 12-18 Oktober 2020) di provinsi tersebut.

Berdasarkan pantauan sensor modis dari Satelit Tera, Aqua, SNPP dan NOAA20 ke-12 hotspot tersebut tersebar di sejumlah daerah di Sumatera Utara. Titik panas tersebut terpantau di Kabupaten Lanuhanbatu Utara satu titik, Padang Lawas 18 titik, Padang Lawas Utara tiga titik, dan Samosir satu titik.

Juga terpantau di Kabupaten Tapanuli Selatan tiga titik, Tapanuli Tengah satu titik, Tapanuli Utara empat titik dan Kabupaten Toba Samosir tiga titik. Sementara mengenai cuaca, di Sumatera Utara berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan petir dan angin kencang di Kabupaten Langkat.

Kondisi tersebut dapat meluas ke Deli Serdang, Medan, Binjai, Sergai, Simalungun, Karo, Asahan, dan sekitarnya. Kondisi tersebut diperkirakan masih akan berlangsung hingga sore hari.

Untuk aktivitas petir, Kepala BMKG Stasiun Geofisika Kelas 1 Deli Serdang, Sumatera Utara, Teguh Rahayu, mengatakan, sebaran petir di Sumatera Utara dibagi menjadi tiga kategori, yaitu kategori rendah, sedang, dan tinggi. Untuk daerah yang memiliki kategori sambaran petir sedang berada di daerah Deli Serdang, Karo, Langkat, Serdang Bedagai dan Simalungun.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here