Padang Fokus Pemulihan Ekonomi Pada 2021

Situasi arus masuk barang di pelabuhan. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Padang – Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat akan fokus melakukan pemulihan ekonomi pada 2021 yang sebelumnya terimbas akibat pandemi Corona Virus Disease (COVID-19).

“Pemulihan ekonomi dilakukan dengan tetap menerapkan prinsip adaptasi kebiasaan baru sehingga aktivitas berlangsung dengan aman,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang Medi Iswandi di Padang, Kamis.

Menurut dia fokus pemerintah kota untuk sektor ekonomi mulai dari membangun sentra Industri Kecil dan Menengah sebagai sarana pelatihan dan pembinaan pelaku UKM.

Selain itu dukungan yang diberikan mulai dari modal, peralatan, akses dan perubahan metode pemasaran.

“Termasuk keringanan pembayaran pajak sebagaimana pernah diterapkan saat Pembatasan Sosial Berskala Besar,” ujarnya.

Selain itu pihaknya juga kembali menggerakan sektor perdagangan dan pariwisata dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Untuk membuka lapangan kerja baru pemerintah kota melaksanakan program padat karya, kemudahan berusaha dan stimulus investasi.

Untuk sektor sosial pihaknya mengalokasikan BLT bagi masyarakat terdampak, menggerakan lembaga amal dan CSR hingga mengoptimalkan pemanfaatan pekarangan rumah masyarakat untuk ketahanan pangan.

Medi menyebutkan pada 2021 pihaknya telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp56,58 miliar untuk penanganan COVID termasuk di dalamnya penanganan masalah ketenagakerjaan, fasilitasi IKM yang terdampak hingga penerapan pola hidup bersih pada sektor pariwisata.

Ia menargetkan lewat program tersebut kualitas dan produktivitas tenaga kerja kembali bangkit, menekan angka pengangguran dan IKM tetap mampu mengakses pasar serta berproduksi.(EP/Ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here