Kapal Motor Senilai Rp65 M Siap Beroperasi di Danau Matano

indonesiainside.id, Luwu Timur— Kapal motor atau kapal Roll on Roll Off (RoRo) yang dibuat khusus oleh Kementerian Perhubungan RI, siap beroperasi di sekitar Danau Matano maupun Towuti, Kabupaten Luwu Timur. 

Kedua kapal dengan bobot 200GT ini sudah disediakan juga pengelola maupun dermaganya,  untuk mempermudah transportasi bagi masyarakat umum maupun wisatawan. 

Sekretaris Dirjen Kementrian Perhubungan RI, Imran Rasyid menjelaskan,  karena sinergi dan kerjasama antara pemerintah pusat, provinsi maupun pemerintah kabupaten, menjadi alasan utama keberhasilan pembuatan kapal motor penyeberangan senilai Rp 65 miliar tersebut. 

“Keberhasilan pembuatan kapal ini juga berkat dukungan dan dorongan dari Gubernur Sulsel. Saya mendukung dari segi teknis saja dalam hal pembuatan kapal ini,” katanya, Rabu (21/10).

Di tempat yang sama Pjs Bupati Luwu Timur, Jayadi Nas, mengaku, masyarakat Lutim tahun ini, mendapatkan berkah baik dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi. Pasalnya, bantuan terus mengalir mulai dari bantuan keuangan daerah bawahan, dua unit ambulans laut, serta dua unit Kapal Motor Penyebrangan (KPM) khusus di Danau Matano dan Towuti.  

“Alhamdulillah berkah berkali-kali kita dapatkan. Mulai dari ambulans laut, bus sekolah, kapal penyeberangan, dan bantuan keuangan untuk infrastruktur jalan dan penanganan stunting,” katanya. 

Menurut  Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, bantuan tersebut merupakan upaya pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat  membuat kapal besi untuk masyarakat yang tinggal di Danau Matano maupun Towuti. Khusus kapal yang ada di Danau Matano sendiri, untuk menghubungkan antara Provinsi Sulsel, Sulawesi Tengah dan Sulawesi Barat. 

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here