Bus Listrik Buatan INKA Dilirik Pemkot Madiun

Indonesiainside.id, Madiun – Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur “melirik” atau tertarik pada bus listrik buatan PT INKA (Persero) yang bernama E-INOBUS guna mendukung penerapan moda transportasi wisata yang ramah lingkungan di wilayah itu.

Ketertarikan Pemkot Madiun akan E-INOBUS tersebut diwujudkan dengan antusias yang tinggi Wali Kota Madiun Maidi saat mencoba mengendarai bus tersebut berkeliling Kota Madiun.

“Ini sarana transportasi masa depan. Bus ini ramah lingkungan, tidak menyebabkan polusi udara, dan tidak berisik. Uenak pol,” ujar Wali Kota Maidi saat menjajal bus listrik tersebut di sejumlah jalan protokol Kota Madiun, Selasa (27/10).

Menurut dia, E-INOBUS memenuhi standar untuk sarana transportasi perkotaan. Ia berharap, ke depan akan terjalin kerja sama antara Pemkot Madiun dengan PT INKA. Khususnya, untuk melengkapi sarana dan prasarana pariwisata di Kota Madiun.

Ia mengatakan bus listrik dengan tenaga baterai yang bisa menempuh jarak lebih dari 180 km dalam satu kali perjalanan tersebut, diproyeksikan untuk bus wisata keliling Kota Madiun.

Pihaknya juga berencana memesan bus listrik tersebut, namun dengan bodi mirip kereta Shinkansen di Jepang.

“Kebutuhan di Kota Madiun diproyeksikan untuk wisata dan untuk bus sekolah. Namun saya ingin nanti dibuat seperti bodi kereta di Jepang,” katanya.

Direktur Pengembangan PT INKA (Persero) Agung Sedaju mengungkapkan bahwa terciptanya E-INOBUS juga tak lepas dari peran Wali Kota Maidi.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here