Sejumlah Warga Korban Banjir Kebumen Mulai Kembali ke Rumahnya

Relawan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membantu korban banjir Kebumen. Foto: PKS

Indonesiainside.id, Kebumen – Sejumlah warga yang sempat mengungsi di beberapa titik pengungsian di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, akibat banjir pada Senin (26/10), Rabu ini sudah kembali ke rumah masing-masing.

“Pengungsi sudah kembali ke rumah, tetapi kami tetap siaga di lapangan, terutama di titik-titik rawan,” kata Pelaksana tugas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kebumen, Teguh Kristianto di Kebumen, Rabu.

Ia menyampaikan Rabu ini pihaknya fokus pada penanganan tanggul sungai yang jebol menggunakan alat berat.

Teguh menyebutkan total ada 10 buah alat berat untuk menangani tanggul jebol dan lokasi longsor. Sejumlah alat berat tersebut 3 dari BBWS, 4 dari PUPR, dan 3 dari BPBD bekerja sama dengan pemilik alat berat.

Menurut dia, dari empat tanggul besar yang jebol, penanganan tanggul di Panjatan sudah selesai 100 persen, di Larangan selesai 100 persen, kemudian di Jatiluhur selesai 80 persen, dan untuk di Sidobunder atau Madurejo sekitar sekitar 20 persen karena kesulitan mobilisasi alat berat.

Ia menuturkan untuk lokasi longsor juga sudah tertangani semua, ada 8 lokasi longsor yang ditangani dengan alat berat.

“Kami maraton mengerjakan dengan alat berat, termasuk yang manual karena lokasinya tidak memungkinkan dengan alat berat. Semua sudah tertangani meskipun ada yang belum selesai 100 persen,” katanya.

Menyinggung nilai kerugian akibat banjir, dia menyampaikan saat ini masih dihitung oleh tim.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here