Alhamdulillah Puluhan Orang di Sanggau Sembuh dari Covid-19

Ilustrasi wabah Covid-19. Foto: Fernando/Pixabay
Indonesiainside.id, Sanggau – Dinas Kesehatan Sanggau Kalimantan Barat menyatakan 91 orang terkonfirmasi positif COVID-19, namun 83 orang diantaranya sudah sembuh dan sembilan orang masih menjalani isolasi.
“Jumlah secara keseluruhan pasien positif COVID-19 di Sanggau ada 91 orang, sembilan orang diantaranya hingga saat ini masih menjalani isolasi,” kata Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Sanggau Sarimin Sitepu, di Sanggau Kalbar, Jumat.
Disampaikan Sarimin, sembilan orang positif COVID-19 yang menjalani isolasi itu terdiri dari tujuh orang isolasi di Mess Diklat Pemda Sanggau Permai, satu orang di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) MTh Djaman yang baru dan satu orang sedang di rawat di Pontianak.
Menurut dia, dari perkembangan kasus konfirmasi COVID-19 di Sanggau, masih 420 orang menunggu hasil tes swab laboratorium, dengan rincian sampel swab sebelumnya 347 orang, sedangkan yang baru di kirim 73 sampel.
“Total 420 orang masih menunggu hasil swab laboratorium dari Pontianak,” ucap Sarimin.
Ia mengatakan Pemkab Sanggau memang sudah memiliki mobile PCR, tetapi untuk saat ini masih belum bisa digunakan, karena menunggu pelatihan tenaga teknis untuk penggunaannya.
“Begitu nanti petugas kami sudah siap, maka kami tidak lagi mengirimkan sampel swab ke Pontianak, tetapi cukup diperiksa melalui mobil PCR yang segera bisa diketahui hasil swabnya,” jelas Sarimin.
Untuk memutus mata rantai sebaran COVID-19 di Sanggau, kata Sarimin perlunya kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.
Dirinya mengajak agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan sering-sering mencuci tangan serta menghindari kerumunan. (ant/msh)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here