Tes Cepat Covid-19 di Coffee Shop, 17 Orang Dinyatakan Reaktif

Petugas Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Kalimantan Barat melakukan tes cepat pengunjung warung kopi di Pontianak.

Indonesiainside.id, Pontianak – Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Kalimantan Barat menyatakan, sebanyak 17 dari 200 pengunjung warung kopi (coffee shop) yang dilakukan tes cepat, Sabtu malam (7/11), hasilnya reaktif  yang menandakan ada virus di tubuhnya sehingga perlu identifikasi lebih lanjut melalui tes usap.

“Dari temuan kasus itu, maka langsung kami lakukan tes usap, dan ditargetkan, besok Senin (9/11) sudah ada hasilnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu di Pontianak, Minggu (8/11).

Menurut dia, tes cepat dilakukan setelah melihat ramainya pengunjung, warung kopi yang mengabaikan protokol kesehatan seperti  tidak menjaga jarak dan rata-rata tidak menggunakan masker.
“Ini bisa menjadi indikasi kalau warkop bisa menjadi tempat penularan COVID-19,” ungkapnya.

Dia menambahkan, karena pengunjungnya rata-rata anak muda, dan tanpa gejala, maka dikhawatirkan ketika pulang ke rumah, malah akan menularkan COVID-19 kepada keluarganya di rumah.

“Kami khawatir akan sulit Kota Pontianak untuk keluar dari zona merah COVID-19. Kami akan terus melakukan tes cepat pada tempat-tempat kerumunan, terutama yang tidak menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Kadinkes Kota Pontianak juga mengajak semua pihak untuk berpartisipasi dalam menekan dan memutus rantai penyebaran COVID-19, salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Karena tanpa dukungan semua pihak akan sulit dalam memutus rantai penyebaran COVID-19 di Kota Pontianak dan Kalbar umumnya,” kata Sidiq.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here