Pemkab Mataram Siaga Cuaca Ekstrem

Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, segera menggelar Apel Bersama Siaga Bencana Tahun 2020, yang diikuti oleh ratusan personel tim gabungan kesiapsiagaan bencana, termasuk jajaran TNI/Polri, sebagai upaya pengurangan risiko bencana.

“Apel bersama siaga bencana kami jadwalkan pada Senin (16/11-2020). Tempatnya masih ada dua alternatif yakni di halaman kantor wali kota atau di Lapangan Sangkareang,” kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram Lalu Martawang di Mataram, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan Martawang seusai memimpin rapat persiapan apel bersama siaga bencaan Tahun 2020, yang diikuti sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, di ruang kenari, Kantor Wali Kota Mataram.

Martawang mengatakan apel siaga bencana dinilai penting karena berdasarkan informasi dari BMKG bahwa di Kota Mataram dan sekitarnya akan terjadi potensi hujan kategori sedang dan tinggi mulai akhir November 2020 hingga Februari 2021.

Karena itu, pemerintah kota perlu melakukan antisipasi untuk mengecek kesiapan personel, peralatan serta membangun skenario cepat tanggap untuk di posko bencana yang ada di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pendopo Wali Kota Mataram.

“Bila perlu waktu responnya dapat ditingkatkan, sehingga bisa mengantisipasi seminimal mungkin potensi dampak serta kerugian terhadap bencana,” katanya.

Pada musim cuaca ekstrem, katanya, bencana yang berpotensi terjadi di Kota Mataram diantara adalah, genangan, banjir, angin kencang, pohon tumbang dan abrasi pantai.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here