Universitas Jember Jadi Klaster Baru Covid-19

Petugas melakukan disinfeksi Kampus Universitas Jember

Indonesiainside.id, Jember – Universitas Jember menjadi klaster baru penularan Covid-19 di perguruan tinggi negeri Kabupaten Jember, Jawa Timur, dengan sebanyak 17 orang terkonfirmasi positif Covid-19 selama November 2020, baik dosen maupun karyawan kampus setempat.

“Hingga saat ini sudah tercatat lebih dari 350 orang yang telah ditelusuri dan 17 orang terkonfirmasi positif Covid-19, serta dua orang meninggal dunia,” kata Ketua Tim Tanggap Darurat Kesiapsiagaan Bencana Corona Virus Desease (TTDKB) Covid-19 Universitas Jember dr Cholis Abrory dalam rilisnya, Kamis(19/11).

Seorang dosen dari Fakultas Ilmu Budaya dan satu karyawan Universitas Jember atau Unej meninggal dunia pada Selasa (17/11) malam setelah terkonfirmasi positif Covid-19.

“Kami melakukan tracing terhadap para dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Unej yang pernah berhubungan secara langsung dengan yang terkonfirmasi positif Covid-19,” katanya.

Dalam penelusuran itu pihaknya menganalisis keadaan masing-masing civitas dan menentukan penatalaksanaan lanjutan yang tepat bagi masing – masing civitas.

“Pada kluster besar kami melakukan skrinning cepat dengan melakukan pemeriksaan pemeriksaan rapid SARS COV2 dari hasil tes cepat yang reaktif. Mereka yang berkontak erat dengan pasien terkonfirmasi dilakukan pemeriksaan swab-RT PCR SARS COV2,” katanya.

Ia mengatakan di beberapa unit kerja juga dilakukan tracing terarah dengan melakukan pemeriksaan swab-RT PCR SARS COV2 pada civitas dengan kontak erat yang dengan disertai atau tanpa gejala.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here