Kalah di MK, Prabowo-Sandi Cari Langkah Hukum Lain

Oleh: Suandri Ansah

Indonesiainside.id, Jakarta — Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan tim hukum Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terkait dugaan kecurangan Pilpres 2019. Prabowo dan koalisi akan mencari celah hukum menghadapi putusan MK.

“Kita baru saja mendengarkan putusan MK tentang gugatan pasangan calon 02, terhadap hasil yang diumumkan KPU mengenai Pilpres 2019. Walaupun kami mengerti keputusan tersebut sangat mengecewakan bagi kami dan para pendukung,” kata Prabowo di kediamannya, Jalan Kertanegara nomor 4, Jakarta Selatan, Kamis (27/6) malam.

Meski demikian, Prabowo menyatakan hormat dan akan taat pada keputusan yang diatur konstitusi. Prabowo tawakal atas putusan MK.

“Kami menyerahkan sepenuhnya, kebenaran dan keadilan yang hakiki pada Allah Tuhan Yang Maha Esa,” kata Prabowo.

Tak habis di situ, Prabowo menyatakan akan kembali berkonsolidiasi dengan pimpinan partai politik Koalisi Indonesia Adil Makmur dan tim hukumnya. Dia coba mencari celah barangkali keputusan MK bisa diubah.

“Sesudah ini kami akan segera berkonsultasi dengan tim hukum untuk meminta saran dan pendapat apakah masih ada langkah hukum dan langkah konstitusional lainnya yang mungkin kita dapat tempuh,” kata Prabowo.

“Kami juga akan segera mengundang seluruh pimpinan Koalisi Indonesia Adil Makmur untuk bermusyawarah terkait langkah-langkah (politik) kita ke depan,” katanya.

Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan, malam ini tim kuasa hukum akan segera menemui Prabowo di Kertanegara. Mereka akan membicarakan kemungkinan langkah hukum lainnya dan terkait proses sidang di MK.

“Para kuasa hukum dalam perjalanan menuju ke sini, akan bicara langsung dengan Pak Prabowo dan Bang Sandi tentang apakah masih ada langkah hukum lainnya yang bisa dilakukan,” kata Dahnil.

Sementara konsolidasi dengan pimpinan partai koalisi akan dilaksanakan Jumat (28/6) di Kertengera 4. Selepas shalat Jumat, Prabowo dan pimpinan partai pendukung akan merumuskan langkah politik selanjutnya.

“Beliau akan bicara dan minta pertimbangan, langkah politik selanjutnya apa. Tentu yang akan jadi pilihan adalah kepentingan bangsa dan negara, kepentingan rakyat,” kata Dahnil. (Aza)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here