Ketua DPR Minta Pembuatan UU tak Perlu Rumit

bamsoet

Oleh: Muhajir

Indonesiainside.id, Jakarta – Ketua DPR, Bambang Soesatyo alias Bamsoet, meminta agar anggota dewan terpilih sampai tahun 2024 lebih cermat dan cepat menyusun Program Legislasi Nasional (Prolegnas). Prolegnas bukan sekadar daftar keinginan disusun dari akumulasi usulan yang diajukan secara sektoral.

Bamsoet menegaskan, prolegnas harus mencerminkan kebutuhan pembangunan hukum nasional. Terpenting mendukung pembangunan nasional.

Dia lalu meminta anggota DPR periode mendatang bisa mengubah mekanisme dan tata cara pembuatan UU. Regulasi yang dibuat harus bisa mengatur seluruh kebijakan pemerintah.

“Saya ingin memberitahukan, bahwa apa yang telah digawangkan oleh presiden bahwa UU harus bisa mencakup kebijakan yang kita kerjakan dengan merubah mekanisme dan tata cara pembuatan UU,” kata Bamsoet dalam sambutannya di acara orientasi dan pemantapan Anggota DPD-DPR RI 2019-2024, Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Senin (26/8).

Dia juga berharap anggota DPR nanti bisa bekerja dengan cepat dan menyelesaikan kebijakan dalam satu periode ke depan. Dengan demikian, DPR tidak menghabiskan waktu dan biaya.

DPR periode selanjutnya juga dituntut bekerja keras mewujudkan demokrasi yang bukan sekadar prosedural, tapi juga substansial. Bamsoet menegaskan, pendiri bangsa telah mengingatkan demokrasi di Indonesia bukan sekadar demokrasi politik.

“Tetapi demokrasi yang mampu mendatangkan kesejahteraan sosial bagi seluruh masyarakat,” tutur politikus Golkar itu.

Selanjutnya, sinisme dan rendahnya kepercayaan publik masih akan menjadi tantangan bagi DPR ke depan. Melalui DPR yang modern dan terbuka, Bamsoet meminta anggota dewan terpilih terus berupaya menjawab kritikan dari masyarakat.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here