Berebut Ketua MPR, Golkar Akui Lobi Gerindra

mpr
Anggota DPR yang juga artis Mulan Jameela (tengah). Foto: Antara

Oleh: Muhajir

Indonesiainside.id, Jakarta – Ketua Fraksi Golkar MPR, Zainudin Amali, mengaku telah membuka komunikasi dengan Partai Gerindra terkait kursi ketua MPR periode 2019-2024. Ia mengaku telah menemui Ketua Fraksi Gerindra MPR, Ahmad Riza Patria, untuk membicarakan kursi panas tersebut.

“Komunikasi, tetapi mereka juga menyampaikan keinginan. Kan nggak bisa juga kita bilang nggak boleh, silakan,” kata Amali di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (2/10).

Setelah PDI Perjuangan memastikan posisi ketua DPR dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) jadi wakil ketua, kandidat terkuat untuk MPR-1 saat ini adalah Bambang Soesatyo dari golkar dan Ahmad Muzani dari Gerindra.

Kedua partai ini sama-sama mengandalkan prestasi di Parlemen. Gerindra menjual perolehan suara dan Golkar menggaungkan kursi yang didapat saat Pileg lalu.

Lobi-lobi antarfraksi pun telah dilakukan untuk memuluskan langkah menuju MPR-1. Muzani bahkan meminta Bamsoet untuk mengalah untuk mencapai konsensus Ketua MPR. “Nanti mudah-mudahan Bamsoet nanti mengalah untuk konsensus, Gerindra saja,” kata Muzani.

Amali mengatakan, permintaan mengalah itu masih butuh proses panjang. Dia menganalogikan dengan dia remaja yang tengah PDKT. Semua utuh proses untuk mencapai tujuan.

“Ngak bisa langsung nembak. Kan ada proses,” kata dia.

Amali mengaku telah berkomunikasi dengan semua fraksi untuk memuluskan langkah Bamsoet menuju MPR-1. Namun, sampai saat ini baru PPP dan NasDem yang menyatakan dukungan secara terbuka.

“Kita lihat nanti seperti apa, sudah disampaikan kita akan mencalonkan Pak Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR,” ucapnya (EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here