Siagakan Ribuan Personel, Berikut Aksi Berbagai Elemen Massa di Ibu Kota Hari Ini

aksi buruh
Massa buruh berjalan menuju ke arah DPR. Rabu (02/10). Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Oleh: Eko P

Indonesiainside.id, Jakarta – Aparat kepolisian mengerahkan lebih dari 2.000 petugas keamanan untuk mengamankan jalannya unjuk rasa serikat buruh yang akan digelar di kawasan DPR/MPR Senayan, Jakarta, Rabu (2/10). Unras ini akan dimulai pada sekitar pukul 10.00 WIB.

“Ada sekitar 1.000 personel. Kalau dari Brimob kurang tahu, tapi kira-kira seimbang,” kata anggota kepolisian Sabhara, Wisnu, menjelang demo buruh yang akan digelar di kawasan DPR/MPR, Jakarta, Rabu.

Wisnu mengatakan, personel kepolisian Sabhara akan dikerahkan terlebih dahulu di sekitar 10 titik di sekitar gedung DPR/MPR RI. Di setiap titik pintu akan dikerahkan sekitar satu kompi atau sekitar 90 personel Sabhara.

Untuk pengamanan aksi buruh hari ini, personel keamanan nusantara, kata Wisnu, juga didatangkan dari Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Wisnu mengatakan jika eskalasi demonstrasi semakin meningkat, personel dari Brimob akan menguatkan personel Sabhara yang telah disiagakan lebih awal.

“Jadi kalau gabungan akan sekitar 2.000 lebih personel. Tetapi ini akan juga disesuaikan sesuai kebutuhan berapa banyak massa yang kemungkinan akan datang,” katanya.

Informasi yang didapatkan redaksi hari ini ada beberapa aksi unjuk rasa, antara lain :

– Pukul 09.00 WIB, Unras Komunitas Pengungsi Afganistan-Sudan dan Irak di ktr UNHCR, 50 org, Pimp Nilofar & Zabihullah

– Pukul 10.00 WIB, Unras oleh Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia – KSPI (FSPMI, FSP KEP, FSP FARKES Ref, Aspek Indonesia, FSPASI, SP PPMI, FSP PAR Ref, PB PGRI) di Gd. DPR/MPR RI, 5.000 orang, dipimpin Ir H. Said Iqbal, Edy Kuncoro, Rohman & Numan

– Pukul 10.00 WIB, Unras oleh Dewan Pimpinan Pusat Serikat Pekerja Nasional (DPP SPN) di Gd DPR MPR RI, 1.000 orang, dipimpin Djoko Hariyono & Ramidi

– Pukul 10.00 WIB, Unras Forum Komunikasi Serikat Pekerja Independen Indonesia (FK SPIIN) di Gd DPR/MPR RI, 500 orang, dipimpin Setiyono & Halimi

– Pukul 10.00 WIB, Unras oleh Front Cipayung Plus Menggugat (DP IMM, PP GMKI, EN LMND, PB HMI, PP KMHDI) di Silang Monas Barat Daya/Patung Kuda Indosat dan Istana Merdeka, 300 orang, dipimpin Irfan dan Denny

– Pukul 11.00 Wib, Unras oleh Forum Awak Minang (FAM) di Istana Merdeka, 200 orang, dipimpin Firdaus Nuzula

Pantauan Indonesia Inside di lapangan pagi ini para peserta demo sudah datang dengan menaiki berbagai moda transportasi di sekitar kawasan Senayan.

(EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here