PPP Legowo Tak Dapat Jatah Kursi Ketua AKD DPR

Indonesiainside.id, Jakarta – DPR telah menyelesaikan penyusunan alat kelengkapan dewan (AKD) periode 2019-2024. Keputusan itu diambil melalui rapat penyusunan AKS di di Gedung Nusantara I, Kompleks Parlemen, Jakarta pada Jumat (18/10).

PPP satu-satunya fraksi yang memilih tak mengambil jatah kursi ketua AKD DPR. Sebenarnya, PPP mendapat dua jatah kursi ketua, namun memilih melepaskan dengan kompensasi mendapat empat kursi wakil ketua.

“Yang penting segera selesai dan kita mulai bekerja. Kita hormati Fraksi-Fraksi lain yang mungkin masih perlu penempatan yang pas,” kata anggota F-PPP DPR, Ahmad Baidowi, di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (18/10).

Dalam rapat tersebut, DPR menyepakati pembentukan 11 komisi dan 6 badan. Tiap komisi terdiri dari 1 ketua dan 4 wakil ketua. Total ada 17 ketua komisi dan badan serta 66 wakil ketua komisi dan badan. Selain itu, DPR juga menetapkan komposisi pimpinan dari tiap fraksi untuk tiap AKD.

AKD terdiri dari komisi, badan musyawarah, badan anggaran (banggar), badan akuntabilitas keuangan negara (BAKN), badan kerja sama antar-parlemen (BKSAP), mahkamah kehormatan dewan (MKD), badan urusan rumah tangga (BURT), panitia khusus (Pansus), dan tim.

Dari komposisi pimpinan AKD dari tiap fraksi itu PDI Perjuangan mendapat kursi paling banyak, yakni 4 ketua dan 11 wakil ketua. Berikut rincian pembagian komposisi pimpinan AKD:

Fraksi PDIP mendapat Ketua Komisi III, Ketua Komisi IV, Ketua Komisi V, Ketua Banggar, dan 11 wakil ketua. Fraksi Partai Golkar mendapat Ketua komisi I, Ketua Komisi II, Ketua Komisi XI, dan 10 wakil ketua. Fraksi Partai Gerindra memperoleh Ketua Baleg, Ketua BKSAP, dan 9 wakil ketua.

Sementara, Fraksi Partai NasDem mendapat Ketua komisi VII, Ketua Komisi IX, dan 8 wakil ketua. Fraksi PKB memperoleh Ketua Komisi VI, Ketua Komisi X, dan 7 wakil ketua.

Fraksi Partai Demokrat mendapat Ketua BURT, Ketua BAKN, dan 4 wakil ketua. Fraksi PKS mendapat Ketua MKD, 6 wakil ketua komisi. Fraksi PAN mendapat Ketua Komisi VIII, 5 wakil ketua komisi. Sementara, Fraksi PPP hanya 4 wakil ketua komisi.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here