Sekjen MPR: Pelantikan Jokowi Secara Sederhana

Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (ketiga kanan) berfoto bersama sejumlah menteri sebelum acara silaturahmi kabinet kerja di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (18/10). Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih akan dilangsungkan dengan sederhana. MPR menyatakan hal itu sesuai permintaan Presiden Joko Widodo alias Jokowi apalagi melihat kondisi pro dan kontra masyarakat atas berbagai kebijakan pemerintah selama ini.

“(Pelantikan) dilakukan sederhana, khidmat, agung, kanĀ gitu,” kata Sekjen MPR, Ma’ruf Cahyono di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (18/10).

Meski sederhana, MPR memastikan acara sakral itu akan berjalan lancar sesuai agenda yang telah diatur. Meski demikian, ia mengingatkan bahwa sederhana bukan berarti menghilangkan atau menurunkan standar pelayanan terhadap tamu.

“Tapi menerima tamu tentu perlu rapi-rapi, bersih-bersih, sarananya bagus, tapi bukan berarti itu kemewahan. Karena memang standar agenda kenegaraan setiap sidang kita seperti itu,” ujarnya.

Sampai saat ini sudah ada 18 perwakilan negara lain yang sudah mengonfirmasi kehadiran. Baik wartawan luar negeri, kepala pemerintahan, utusan khusus, hingga para duta besar. MPR bersama kedutaan luar negeri juga memastikan akan memberikan pelayanan terbaik kepada para tamu negara tersebut.

“Jadi penerimaan terhadap mereka juga sudah kita siapkan semaksimal mungkin, dari mulai kehadiran, karena juga tidak hanya di internal,” ucapnya.

MPR juga memastikan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hadir dalam acara pelantikan tersebut. Tak hanya itu, Prabowo Subianto bersama Sandiaga Salahuddin Ini juga dipastikan akan menyaksikan Jokowi-Ma’ruf digantikan sebagai presiden dan wakil presiden.

“Saya kira ini tokoh-tokoh akan hadir dalam pelantikan dan membawa pesan positif,” ucapnya. Dia mengatakan, perhelatan lima tahunan untuk melegitimasi pemimpin nasional tingkat presiden itu mendapat citra yang baik di mata internasional. (EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here