Wajah-wajah Lama yang Kembali Hadir di Kabinet Kerja Jilid II

Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Dalam menyusun kabinet masa kerja keduanya 2019-2024, Presiden Jokowi, masih memilih wajah-wajah lama. Selama 2 hari pemanggilan calon menteri Kabinet Kerja Jilid II, sebanyak 12 nama lama datang ke istana.

Belasan nama itu dan juga jabatannya di masa Kabinet Kerja Jilid I yaitu Budi Karya Sumadi (Perhubungan), Basuki Hadimuljono (PUPR), Sofyan Djalil (Menteri Agraria dan Tata Ruang), Sri Mulyani (Menteri Keuangan), Siti Nurbaya (Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan), Pratikno (Sekretaris Negera), Tjahjo Kumolo (Mendagri), Agus Gumiwang (Mensos), Airlangga Hartarto (Menperin), Yasonna Laoly (Menkumham), Retno LP Marsudi (Menlu) dan Bambang Brodjonegoro (Menteri Bappenas).

Para wajah lama yang hadir di istana ini ada yang menduduki posisi lama dan ada yang mengalami rotas i ke posisi baru. Di antara yang masih memimpin posisi lama yaitu 3 srikandi, Sri Mulyani, Retno LP Marsudi dan Siti Nurbaya.

Sri Mulyani yang bertemu dengan Presiden Jokowi sekitar 1,5 jam pada Selasa (22/10) kemarin menerima kembali tawaran sebagai salah pembantu presiden. “Saya pribadi merasa hal ini sebagai kehormatan untuk bisa melaksanakan tugas kembali sebagai menteri keuangan dengan terus mendorong kualitas sumber daya manusia,” ujarnya.

Pekerjaan rumah yang panjang menanti Sri Mulyani. Ia mengakui dalam keterangannya pada wartwan bahwa ia akan mendorong instrume-instrumen kebijakan, baik di bidang fiskal, sektor keuangan perbankan, dan capital market menjaga stabilitas, tapi dalam saat yang sama meningkatkan policy usaha kecil menengah. (PS/ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here