Prabowo Butuh Trenggono di Pemerintahan

Prabowo Subianto. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Wahyu Sakti Trenggono menjabat Wakil Menteri Pertahanan. Politisi Golkar itu dinilai punya kompetensi menjadi pelengkap Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

“Trenggono itu menolong Prabowo, karena kan sudah lama enggak masuk kotak. Sudah lama enggak berada di pemerintahan,” kata Arbi Sanit, Pengamat Politik UI saat dihubungi, Jumat, (25/10).

Arbi tak menyoal bagi-bagi kekuasaan yang melatar belakangi penunjukan wakil menteri hari ini. Karena hal itu merupakan keniscayaan. Dia hanya menilai politisi Golkar itu dibutuhkan oleh Jokowi untuk membantu Prabowo.

Sudah berpuluh tahun Prabowo tak menduduki jabatan, setelah dipercaya menjadi Danjen Kopassus. Prabowo terjun ke politik dan tentu butuh penyesuaian untuk menjalankan tata kelola pemerintahan.

“Kalau saya lihat, dia sudah lupa di pemerintahan. Sehingga kurang sensitif. Nah Trenggono ini bantu dia,” kata Arbi. Trenggono, tadi pagi memberi isyarat dirinya akan menjadi Wakil Menteri Pertahanan.

“Industri pertahanan bisa mulai kita kembangkan,” ujar Trenggono usai menemui Jokowi, Jumat, (25/10).

Dia diminta Jokowi membenahi industri di bidang pertahanan. Meski tak menjawab spesifik, namun industri pertahanan merupakan ranah dari Kementerian Pertahanan.

Menurut Trenggono, hal itu disampaikan Jokowi kepada dia saat bertemu. Dia sendiri mengiyakan tawaran itu, Trenggono tak punya masalah bekerja sama dengan Prabowo.

Pagi ini, 12 calon wakil menteri dipanggil ke Istana Kepresidenan. Trenggono merupakan satu dari lima wakil menteri yang terafiliasi partai politik. Sisanya sebanyak tujuh orang mewakili kalangan profesional dan relawan. (PS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here