Tak Mau Terbebani, Baleg Hanya Targetkan 35 Undang-Undang

Badan Legislasi DPR RI periode 2019-2024
Supratman Andi Agtas (F-Gerindra) terpilih ketua Baleg dibantu dengan empat wakil yakni Rieke Diah Pitaloka (F-PDIP), Willy Aditya (F-NasDem), Ibnu Multazam (F-PKB), dan Achmad Baidowi (F-PPP). Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Ketua Badan Legislasi (Baleg), Supratman Andi Agtas, menargetkan DPR menyelesaikan 35 UU di periode ini. Baleg akan segera menyurati komisi-komisi di DPR untuk meminta daftar RUU yang diajukan untuk prolegnas.

“Yang jelas target kita tidak boleh terlalu banyak seperti kemarin yang akhirnya membebani. Mungkin berkisar di antara 30-35, tapi itu tergantung dari pemerintah juga. Kalau di DPR pasti kita akan batasi,” kata Supratman di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (30/10).

Selain itu, Baleg juga akan segera mengundang pemerintah untuk membahas omnibus law. Ini menyusul penyampaian Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat pidato pelantikan pada Ahad (20/10) lalu. Dua omnibus law yang disebut Jokowi akan dirancang adalah UU Cipta Lapangan Kerja dan UU Pemberdayaan UMKM.

Supratman mengatakan, sampai hari ini Kementerian Hukum dan HAM beserta dengan Menko Polhukammungkin dalam proses penyusunan. Terutama yang berkaitan dengan omnibus law yang dirancang oleh Presiden.

“Omnibus law itu telah ditugaskan kepada Menkumham dan Pusat Legislasi Nasional itu belum, sampai sekarang belum,” kata Supratman. Dia mengatakan, dalam waktu dengan akan diagendakan rapat dengar pendapat (RDP) bersama Menko Polhukam, Menkumham.

“Mungkin juga dengan Menko Perekonomian untuk membahas omnibus law tadi,” ucapnya. RDP dengan pemerintah juga sekaligus untuk menyusun program legislasi nasional (prolegnas). Ia menargetkan penyusunan prolegnas selesai sebelum masa reses.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here