Jokowi Hadiri Sejumlah Agenda Diplomasi di Hari Ketiga KTT ASEAN

joko widodo
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Bangkok – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan pembahasan hubungan bilateral di hari ketiga KTT ASEAN yang diselenggarakan di Bangkok, Thailand. Jokowi memulai rangkaian acara dengan menghadiri KTT ASEAN Plus Three (APT) yang bertempat di Impact Exhibition and Convention Center.

APT adalah hubungan kerja sama yang melibatkan ASEAN dengan tiga negara Asia Timur, yakni Cina, Jepang, dan Korea Selatan. “Singkat kata, APT adalah jangkar stabilitas, keamanan dan kesejahteraan di kawasan,” ucap Presiden Jokowi dikutip dari pernyataan tertulis di Jakarta, Senin (4/11).

Jokowi menghadiri acara makan siang sambil membicarakan pembangunan berkelanjutan, bersama dengan para pemimpin ASEAN dan sekretaris jenderal PBB. Jokowi juga hadir dalam KTT ke-14 Asia Timur, mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia; menghadiri KTT ke-22 ASEAN-Jepang; menghadiri KTT ke-3 RCEP, dan mengikuti upacara penutupan rangkaian acara KTT ke-35 ASEAN.

“Dalam hal ini, saya tegaskan kembali pentingnya bersinergi memperkuat ketahanan finansial menghadapi bencana, termasuk dengan mengembangkan pembiayaan dan asuransi untuk risiko bencana,” tutur presiden.

Rangkaian kegiatan dalam KTT ASEAN, akan diakhiri dengan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang sebelum bertolak kembali menuju Tanah Air. (AIJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here