Buka Kongres II Partai NasDem, Anies Bernostalgia

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutan saat pembukaan Kongres II Partai NasDem di JIExpo, Jakarta, Jumat (8/11). Foto: ANTARA

Indonesiainside.id, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mendapat kehormatan untuk membuka Kongres II Partai NasDem. Dalam kesempatan itu, dia mengenang kembali saat-saat dilibatkan dalam pembentukan ormas Nasional Demokrat (Nasdem).

“Saya ingat di dalam deklarasi waktu itu ketika kami bacakan, ketika tahun 2010 kalimatnya sangat relevan,” kata dia saat membuka Kongres Partai NasDem di Kemayoran, Jakarta, Jumat (8/11).

Dia menuturkan, Gerakan Nasional Demokrat mencita-citakan demokrasi yang matang dan menjadi tempat persandingan keberagaman, keberagaman dakam kesatuan, dinamika dengan ketertiban, kompetisi dengan persamaan, kebebasan dengan kesejahteraan. “Keseimbangan seperti itulah yang harus dituntaskan di Indonesia. Kalimat ini dibacakan waktu (deklarasi) itu dan diperjuangkan karena itu harapan kita di Jakarta,” kata Anies.

Mantan rektor Universitas Paramadina itu mengatakan, Kongres Partai NasDem di Jakarta harus menjaga semangat itu. Dia menyadari persis, tak ada kota lain di Indonesia yang memiliki penduduk seberagam Jakarta.

“Di tempat ini semuanya ada. Karena itu, gubernur DKI Jakarta adalah gubernur bagi setiap penduduk di Jakarta apa pun latar belakangnya. Tugas kami memastikan ada keadilan,” ujar Anies.

Menurut dia, ada pekerjaan besar semua partai, termasuk NasDem. Yakni membereskan ketimpangan-ketimpangan yang luar biasa. Sementara, kata Anies, pada saat republik didirikan di kota ini, republik berjanji memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan tujuannya tercapai keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Partai NasDem harus bisa menjadi yang menjaga cita-cita memberi keadilan sosial bagi seluruh Indonesia. Saya menyadari persis di Jakarta, hampir tidak mungkin membangun persatuan dalam ketimpangan, membangun persatuan harus dalam keseteraan,” tuturnya.

Dia berpendapat, membangun persatuan harus dalam rasa keadilan. Hal itulah yang coba didorong, dan dia percaya Kongres II Partai NasDem yang diselenggarakan di Kota Jakarta, tempat simpul persatuan dimulai.

“Insya Allah, Kongres II ini akan membawa semangat restorasi, semangat berdiri bangsa yang akan membawa Indonesia lebih baik dan Nasdem lebih memberikan kontribusi, manfaat bagi seluruh rakyat di Jakarta dan Indonesia,” ucap Anies yang disambut tepuk tangan 7 ribu lebih kader yang hadir. (AIJ)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here