AHY: KPK tidak Boleh Dilemahkan Memberantas Koruptor

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Wakil Ketua Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), berharap penegakan hukum dan pemberantasan korupsi harus tegas dan berkeadilan. Hari Antikorupsi internasional harus menjadi tonggak penegakan hukum dalam memberantas para koruptor.

“Kita memiliki harapan KPK akan tetap menjadi penyuluh sebagai institusi yang kredibel dan juga dipercaya oleh rakyat dalam rangka pencegahan dan penindakan terhadap akso korupsi,” kata AHY di Jakarta, Senin (9/12).

Dia menegaskan, bahwa seluruh elemen bangsa harus berjibaku dalam melawan korupsi. Ini karena mengungkap praktik korupsi bukan hal mudah dan sudah sistematik, sehingga harus diantisipasi bersama-sama.

Baca Juga:  Peringati Hari Remaja Internasional, KPK Gencarkan Program Edukasi Antikorupsi untuk Anak

“Partai Demokrat berharap bahwa KPK dapat terus memiliki peran yang penting, jangan sampai dilemahkan. Kita berharap ke depan Indonesia menjadi negeri yang semakin bersih, semakin berintegritas sehingga pembangunan ke depan juga semakin baik,” ucapnya.

Mantan calon Gubernur dki jakarta itu juga mengomentari keinginan KPU melarang mantan narapidana korupsi ikut dalam pemilihan kepala daerah pada 2020. Ia menyebut Indonesia harus dipimpin oleh tokoh atau figur yang memiliki komitmen dalam memberantas korupsi.

Tak hanya itu, para politikus yang hendak maju sebagai calon kepala daerah harus memiliki kapasitas dan integritas. Di sisi lain, AHY optimis para politikus hingga kepala daerah memiliki komitmen menjadikan Indonesia bersih dari para koruptor.

Baca Juga:  Penjelasan Terkait 'Kisruh' Pimpinan KPK dan Mumtaz Rais di Pesawat Garuda

“Ke depan saya optimis jika para politisi, para tokoh, pemimpin di daerah, pusat, juga senantiasa memiliki semangat untuk menunjukkan komitmennya, dalam rangka open and good governance. Semua itu harus kita wujudkan demi kesejahteraan rakyat,” ujarnya.(EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here