Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan Dituding Inkonsisten

Zulkifli Hasan
Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dituding inkonsisten terkait tindak lanjut hasil Rakernas V PAN di Jakarta selambat-lambatnya sepekan setelah Rakernas. Selain itu, terdapat tindakan yang tidak rasional terkait komposisi kepengurusan DPP.

“Pemberlakuan surat keputusan (SK) Kepengurusan yang tiba-tiba berubah tanpa diputuskan dalam Rapat Harian atau Rapat Pleno, bahkan perubahan SK kepengurusan tanpa sepengetahuan Pengurus Harian yang di coret dari jabatan yang tengah diemban sangat absurd,” kata anggota Bendahara DPP PAN Eneng Humairoh di Jakarta, Senin (23/12).

Menurut dia, kebijakan DPP seringkali berubah tanpa jangka waktu berkala atau ketetapan periodik. Ini merupakan perlakuan tidak adil bahkan melanggar hukum.

“Anehnya juga dalam Rapat Harian pada tanggal 20 Desember kemarin tiba-tiba datang wajah baru yang selama empat tahun tak pernah hadir dalam Rapat Harian sebelumnya,” katanya.

Eneng mengatakan, Rapat Harian kemarin dengan agenda penetapan tempat kongres dan kepanitiaan kongres dilakukan tanpa dialog terbuka. Dimana ketua Umum langsung memimpin rapat dan mengendalikan rapat dengan cara otoriter, tanpa dialog, tergesa-gesa, dan penunjukan sepihak sehingga diwarnai kericuhan.

“Kenapa cuma palu sidang (yang dibawa), tapi tatakan palu tidak dibawa?,” kata dia.

Bahkan, Eneng menuturkan, Sekjen PAN Eddy Soeparno meminta enam orang pengawal dari Polri untuk mengamankan kericuhan tersebut. Sehingga menimbulkan pertanyaan, mengapa harus melibatkan anggota kepolisian yang tidak ada kaitannya dengan partai sama sekali?

“Ini menjawab pertanyaan mengenai intervensi seragam coklat terhadap sikap pilihan beberapa ketua DPW (Dewan Pimpinan Wilayah) dan DPD (Dewan Pimpinan Daerah) dalam menentukan pilihan caketum yang diusung dan ini menunjukan kepanikan akut,” tuturnya. (Aza)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here