Gerindra Dukung Firli Bahuri Rangkap Jabatan

Komjen Firli Bahuri. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Ahmad Sufmi Dasco, menilai tak masalah ketua KPK, Firli Bahuri, merangkap jabatan sebagai anggota Polri aktif. Ia menyebut tak ada pasal yang melarang hal tersebut.

Pernyataan Dasco tersebut untuk menjawab permintaan aktivis antikorupsi yang tergabung dalam Indonesia Corruption Watch (ICW) agar Firli menanggalkan status anggota polisi aktif. Desakan lainnya juga datang dari pegiat antirasuah Universitas Andalas, Feri Amsari.

“Gerindra tidak mempermasalahkan status Ketua KPK, Firli Bahuri, yang belum pensiun sebagai anggota aktif Polri,” kata Dasco melalui pesan tertulis di Jakarta, Selasa (24/12).

Wakil Ketua DPR itu menjelaskan, dari segi etika juga tidak bisa dipermasalahkan karena tidak ada konflik kepentingan. Justeru, kata ada, yang ada adalah kesamaan kepentingan antara institusi Polri dan KPK. Dua lembaga itu sama-sama memberantas korupsi.

“Kami memandang status Firli yang Polri aktif bisa mempermudah gerak yang bersangkutan dalam mewujudkan kerjasama yang baik antara KPK dan Polri,” ucap dia.

Secara psikologis, ucap Dasco, akan mudah terwujud sinergi antara kedua institusi tersebut. Ini karena tidak akan ada kecurigaan satu sama lain. Ia lalu meminta agar memberikan waktu Firli untuk memperlihatkan kemampuannya memberantas korupsi.

“Kami harap semua pihak bisa memandang status tersebut dari sudut yang positif, kita beri waktu kepada Pak Firli untuk bekerja maksimal berantas korupsi,” ujar Dasco.(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here