Datangi Kantor Prabowo, Jokowi Tegaskan Kedaulatan NKRI Harga Mati

Joko Widodo
Presiden RI, Joko Widodo, Jakarta. Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini menyampaikan pidato dalam rapat pimpinan (rapim) bertempat di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta. Rapim tersebut dihadiri oleh unsur TNI, Polri, menteri luar negeri, menko polhukam, serta menteri pertahanan.

Dalam pidatonya, Jokowi menegaskan bahwa seluruh elemen lembaga pemerintahan harus mendukung agenda-agenda besar negara untuk mendukung tujuan nasional Indonesia. Jokowi mengatakan, salah satu isu utama dalam pertahanan negara adalah kedaulatan.

“Sudah berkali-kali saya sampaikan, saya tegaskan bahwa kedaulatan itu harga mati, kedaulatan itu tidak bisa dinegosiasikan, tidak ada tawar-menawar,” ujar Jokowi di Kantor Kementerian Pertahanan, Kamis (23/1).

Jokowi meminta agar seluruh jajaran TNI Polri, dan aparat negara harus bekerja sungguh-sungguh dalam rangka memperkuat dan menjaga kedaulatan Indonesia. Dia mengimbau seluruh elemen bangsa mengantisipasi berbagai spektrum pertahanan, mulai dari konflik internal, perang asimetrik, gerilya, perang proksi, maupun perang hibrida.

“Dengan menggabungkan strategi militer dan nonmiliter, konvensional dan nonkonvesional, saya kira Saudara-Saudara sudah mengerti dan tahu soal ini, sehingga saya tidak akan menjelaskan secara detil,” katanya.

Selain memperkuat pertahanan, Jokowi juga meminta kepada menteri luar negeri untuk terus meningkatkan diplomasi pertahanan. “Ini untuk meredam ketegangan antarnegara, dan siap dengan kekuatan senjata untuk melakukan penegakkan hukum di wilayah kita,” ujar Jokowi. (AIJ)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here