Jokowi Bela Prabowo lantaran Disorot Sering Bepergian ke Luar Negeri

Presiden Jokowi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam pembukaan rapim pertahanan semesta di Jakarta. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membela Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ihwal sejumlah kunjungan kerjanya ke luar negeri dalam beberapa waktu terakhir. Sebelumnya, Prabowo sempat mendapat pertanyaan dari Komisi I DPR saat mengikuti rapat tertutup, Senin (20/1) lalu, terkait seringnya dia bepergian ke mancanegara.

Sejak menyandang status sebagai menteri pertahanan, terhitung sudah tujuh kali Prabowo melakukan kunjungan ke luar negeri. Namun, Jokowi menilai kegiatan Prabowo itu perlu dilakukan dalam rangka diplomasi pertahanan.

“Kalau ada yang bertanya itu (mengapa Prabowo sering ke luar negeri), berarti belum mengerti urusan diplomasi pertahanan,” ucap Jokowi ditemui di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, Kamis (23/1).

Jokowi mengetahui bahwa kepergian Prabowo ke luar negeri juga bertujuan untuk melihat alutsista yang akan dibeli Indonesia. Prabowo harus memastikan kualitas seluruh peralatan itu secara detail. “Dan itu sudah kami diskusikan dengan Pak Menhan. Tidak sekali dua kali, banyak nih yang tidak tahu,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi menilai ada hubungan diplomasi pertahanan dengan tantangan besar lainnya, yaitu perkembangan teknologi. Dia meminta agar Kemhan mampu mengantisipasi lompatan teknologi militer dalam jangka 20 hingga 50 tahun ke depan.

“Sekarang pun kita sudah merasakan bagaimana teknologi drone diberi senjata dalam mengejar tank, mengejar kendaraan militer, menghabisi dan mengejar dengan tepat sasaran,” ujar presiden.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here