Hasto Dipanggil KPK, Formappi: Semoga Bukan Pencitraan

Lucius Karus
Peneliti Formappi, Lucius Karus, dalam diskusi 'Kala OTT Digoreng-goreng: Adakah Orang Kuat di Baliknya?' di Kantor Formappi, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (24/1). Foto: Muhajir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Peneliti Formappi, Lucius Karus, berharap pemanggilan Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, oleh KPK benar-benar untuk pemeriksaan dalam kasus suap PAW anggota DPR. Ia meminta agar pemanggilan itu bukan sekedar pencitraan KPK untuk memberitahukan ke publik bahwa sedang berlangsung penegakan hukum pasca-OTT eks komisioner KPU, Wahyu Setiawan.

“Kita berharap forum pemanggilan hari ini forum pemeriksaan, bukan forum untuk kompromi, sampai KPK ini bisa memastikan dia bebas intervensi kekuasaan. Kita baru percaya terhadap pemeriksaan elite elite PDIP, itu benar benar penegakan hukum,” kata Lucius di Kantor Formappi, Jakarta, Jumat (24/1).

Kendati berharap begitu, Lucius menyebut publik sulit percaya jika pemanggilan saat ini adalah pemeriksaan terhadap Hasto Kristiyanto. Sebab, penyidik lembaga antirasuah itu pernah gagal menyegel atau memasang KPK line pasca-OTT Wahyu Setiawan.

“Kalau mereka bisa menyegel kantor PDIP, kita baru bilang KPK berani dan hari ini bahwa ini benar benar pemeriksaan terhadap Hasto,” ucap dia.

Lucius lalu meminta Dewan Pengawas KPK memperlihatkan peran dalam kasus tersebut. Ini karena Dewas KPK memiliki kewenangan untuk memberhentikan pimpinan KPK yang tidak bekerja sesuai UU KPK hasil revisi.

“Itu yang kira harapkan, Dewas ini bisa memantau ini, dan memastikan kasus ini tidak selesai dan bilang begitu saja karena ada intervensi kekuasaan dan karena ada elite kekuasaan yang terlibat,” tutur dia.

Hasto dipanggil KPK terkait kasus suap PAW anggota DPR dari PDI Perjuangan. Anak buah Megawati Soekarnoputri itu datang di Kantor KPK pada Jumat (24/1). Dalam kesempatan itu, Hasto mengklaim siap memberikan penjelasan yang diperlukan oleh penyidik KPK.

“Hari ini saya memenuhi tanggung jawab warga negara dalam menjaga marah KPK memenuhi undangan untuk hadir sebagai saksi, terhadap dugaan apa yang terjadi kepada mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan,” tutur Hasto.(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here