Kejagung: Transaksi Jiwasraya By Design

gedung perkantoran jiwasraya
Gedung perkantoran jiwasraya, di gondangdia, Jakarta. Foto: Muhammad Zubeir/Indonesiainside.id

Indonesiainside.id, Jakarta – Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejaksaan Agung, Hari Setiyono menjelaskan tentang kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) adalah by design. Maksudnya, seseorang yang melakukan pekerjaan atau tindakan tersebut sudah menghitung, mengkalkulasi, dan merencanakan hasil apa yang bakal dia dapat.

“Itulah barangkali yang dimaksud oleh Pak Dirdik (Direktur Penyidikan),” kata Hari, kemarin (24/1).

Dia menjelaskan, skema transaksi Jiwasraya ini adalah menerima uang dari masyarakat untuk membeli polis dengan program tertentu yang dijanjikan dengan bunga yang signifikan. Bahkan di angka kisaran tujuh persen yang membuat masyarakat tertarik.

“Nah ini kalau tidak didesign, menurut pengamatan kami, maka tidak mungkin. Kalau nanti duit masuk, nanti seperti apa, direncanakan lagi, sepeti apa dan akhirnya terjadi seperti ini,” jelasnya.

Hal ini terus dikembangkan penyidik untuk menggali keterangan dari para saksi yang nanti pada ujungnya pemeriksaan tersangka. “Penyidik akan membangun konstruksi hukum yang benar-benar luas agar masyarakat dapat melihat bahwa apa yang pernah disampaikan terhadap design itu menguntungkan pihak-pihak tertentu,” ujarnya.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung menetapkan lima tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi PT Asuransi Jiwasraya. Tiga tersangka merupakan mantan petinggi Jiwasraya.

Mereka adalah mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Jiwasraya Harry Prasetyo, mantan Dirut Jiwasraya Hendrisman Rahim, dan mantan Kepala Divisi Investasi dan Keuangan Jiwasraya Syahmirwan. Presiden Komisaris PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM) Heru Hidayat dan Komisaris PT Hanson International Tbk Benny Tjokrosaputro juga jadi tersangka dalam kasus tersebut.

Adapun lokasi penahanan kelima tersangka tersebut, yaitu Hary Prasetyo di Rutan Salemba Cabang Kejari Jaksel, Hendrisman Rahim di Rutan Guntur, Syahmirwan di Rutan Cipinang, Heru Hidayat di Rutan Salemba Cabang Kejagung, dan Benny Tjokro di Rutan KPK.(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here