Menhan AS Telepon Prabowo Subianto, Bahas Apa?

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Mark T Esper (kanan) dan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kiri). Foto : Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri Pertahanan AS, Mark T Esper, diketahui melakukan perbincangan melalui sambungan telepon dengan Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto. Dalam rilis yang disampaikan oleh Kementerian Pertahanan AS, www.defense.gov, Rabu (1/4), kedua tokoh tersebut melakukan koordinasi dalam membahas penanganan virus corona (Covid-19) di masing-masing negara.

Kedua pemimpin memberikan simpati kepada mereka yang terkena dampak Covid-19 di AS dan di Indonesia. Esper berterima kasih kepada Prabowo dan pemerintahannya atas kepemimpinan Indonesia dalam menanggapi wabah.

Bahkan, Esper menanyakan kepada Prabowo apakah ada bantuan yang harus diberikan lagi dari AS untuk Indonesia dalam penanganan Covid-19. Prabowo menjawab hal itu dengan menyampaikan rasa terima kasih dari Pemerintah Indonesia kepada AS atas tahap pertama dukungannya kepada Indonesia.

“Termasuk 2,3 juta Dolar AS untuk pendanaan dari Badan Pengembangan Internasional AS dan penasihat Pusat Pencegahan dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS yang disatukan dengan pemerintah Indonesia,” kata pernyataan Kementerian Pertahanan AS.

Esper dan Prabowo juga membahas prioritas pertahanan dalam konteks hubungan bilateral. Kerjasama mencakup kesiapan militer dan akuisisi pertahanan. Kedua pemimpin juga menyampaikan keinginan mereka untuk bertemu kembali di lain waktu. (CK)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here