KPU: Pilkada 2020 Role Model Pemilu di Tengah Bencana

Ilustrasi pemungutan suara saat Pemilu. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Pilkada 2020 merupakan sejarah pertama dalam masa pandemi Covid-19. Sebelumnya, Pemilu 2020 juga dianggap bersejarah karena diselenggarakan secara serentak.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman menyampaikan, pemilu kepala daerah (Pilkada) 2020 bisa menjadi role model bagi generasi ke depan dalam melaksanakan pemilu di tengah bencana. Maka itu, perlu persiapan khusus, mulai dari regulasi, praktek di lapangan hingga aturan teknisnya.

“Ini warisan penting untuk masa akan datang. Situasi di setiap negara berbeda-beda dalam pemilu, bisa saja kepala daerah ditunjuk, itulah keputusan tiap negara berbeda-beda, ada yang diundur, dimajukan,” kata Arief dalam diskusi di Graha BNPB, Senin (6/7).

Selain itu, kesiapan dan partisipasi masyarakat juga menjadi perhatian, apalagi selama ini kultur pemilu dilaksanakan dalam kondisi normal. “Insya Allah Pilkada tetap jadi tanggal 9 Desember, KPU mendesain selalu hari Rabu agar masyarakat selalu ingat bahwa Pemilu selalu dilaksanakan hari Rabu,” ujarnya.

Sementara, pelaksana tugas (Plt) Dirjen Bina Administrasi dan Kewilayahan Kemendagri, Safrizal mengatakan, pemerintah memberikan usaha penuh kepada KPU agar bisa menjalankan tugas konstitusional dengan baik dan aman Covid-19. “Pemerintah harus memastikan semua infrastruktur dan pendanaan siap. Kami terus melakukan persiapan bersama KPU, Komisi II (DPR), Bawaslu, dan juga DKPP,” katanya.

Mengenai 270 lokasi kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pilkada, Syafrizal memastikan Pilkada tetap berlangsung, hanya saja protokol kesehatan berbeda. Zonasi status ddaera selalu berkaitan dengan protokol kesehatan.

“Karenanya, pemanfaatan teknologi menjadi kunci, kalau dulu untuk mengumpulkan 10 ribu massa biayanya sangat mahal, saat ini jauh lebih murah bila melalui virtual. Kesempatan ini harus betul-betul dimaksimalkan,” ujar dia. (ASF)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here