Hasil Survei: Kartu Prabowo Hidup Lagi, Anies dan Sandi Masih Meredup

Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Meski Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 masih jauh, sejumlah lembaga survei mulai mengambangkan sejumlah nama kandidat yang diklaim paling populer, disukai, atau punya kans kuat untuk dipilih oleh rakyat.

Salah satunya, survei calon presiden (capres) dilakukan oleh Center for Political Communication Studies (CPCS). Hasil surveinya mengunggulkan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai calon terkuat. Sementara Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno masih meredup.

Direktur Eksekutif CPCS Tri Okta S K mengatakan, Prabowo yang merupakan mantan capres pada Pilpres 2019 masih bertengger di urutan pertama, meskipun mengalami penurunan dari survei yang dirilis CPCS pada Maret 2020. Kartu Prabowo untuk Pilpres 2024 hidup lagi, bisa saja karena jabatannya sebagai menteri pertahanan.

“Elektabilitas Prabowo mencapai 18,4 persen, turun dari survei sebelumnya sebesar 22,7 persen,” kata Direktur Eksekutif CPCS di Jakarta, Ahad (12/7).

Sementara hasil survei Anies Baswedan cenderung meredup. Survei Anies turun dari 13,8 persen menjadi 10,6 persen. Demikian pula dengan posisinya yang anjlok dari urutan kedua kini hanya berada di posisi keempat.

“Meskipun Anies rutin tampil ke publik selama pandemi, tetapi persepsi yang berkembang ternyata berbanding terbalik,” jelas Okta.

Di atas Anies, ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini juga terekam dalam suvei itu. Elektabilitas Khofifah mencapai 3,4 persen, sedangkan Risma 3,3 persen.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here