Pencalonan Anak Jokowi di Pilwalkot dan Politik Dinasti, Ketum PKB Bilang Begini

Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ist

Indonesiainside.id, Jakarta – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengatakan, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabumingraka  merupakan ikon anak muda yang terjun ke dunia politik Tanah Air.

“Gibran adalah salah satu ikon kaum muda yang terjun ke politik. Saatnya kaum muda turun ke politik,” ujar Cak Imin kepada wartawan di Jakarta, Kamis (23/7).

Wakil Ketua DPR RI itu mengakui, memang ada sisi negatif dengan majunya putra Presiden Jokowi itu dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta. Isu politik dinasti pun muncul kembali.

Namun, mau bagaimanapun, Gibran adalah realitas kultural demokrasi di Indonesia saat ini yang membolehkan pencalonan itu terjadi. “Realitas kultural bahwa untuk menang dan didukung masyarakat, itu demokrasi bebas,” ungkapnya.

Gibran Rakabuming Raka mendapat surat rekomendasi dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk maju dalam Pilwalkot Surakarta, Jumat (17/7). PDIP memasangkan Gibran dengan kader partai, Teguh Prakosa, yang juga Ketua DPRD Surakarta periode 2014-2019.

Pencalonan itu memunculkan pro-kontra masyarakat yang dipicu oleh isu munculnya kembali dinasti politik pasca-reformasi. Terlebih, Gibran maju di saat ayah kandungnya Joko Widodo masih menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Namun, terlepas dari itu, pencalonan Gibran mendapat dukungan sejumlah partai politik di antaranya dari Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar. (ASF/ANT)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here