Empat Orang Positif Covid-19 di KPU, BIN Akomodasi 500 Sampel untuk Uji Swab

Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar tes usap atau swab test di KPU RI untuk membantu pemerintah dalam upaya penanggulangan penyebaran COVID-19. (ANTARA/Humas KPU)

Indonesiainside.id, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengonfirmasi sebanyak empat orang positif Covid-19 di internal lembaga tersebut. Untuk memastikan perisiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 berjalan lancar, KPU bekerja sama Badan Intelijen Negara (BIN) menggelar tes usap atau swab test.

Kegiatan tes usap itu digelar selama dua hari yaitu Selasa dan Rabu (5/8). BIN akan mengakomodasi 500 sampel untuk dilakukan uji swab test. BIN mengoperasikan dua unit mobil laboratorium dan 30 tenaga medis untuk kegiatan tes usap Covid-19.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, tes usap massal ini sangat membantu KPU yang akan menyelenggarakan Pilkada 2020. Arief menjelaskan ada 4 orang yang positif COVID-19 di internal KPU.

“Maka saya patut mengungkapkan terima kasih dan apresiasi atas dukungan ini,” ujar Arief di Jakarta, Selasa (4/8).

Koordinator Wilayah Sub Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 BIN, Sony Arifianto, mengatakan, tes usap diperuntukkan bagi seluruh karyawan dan anggota KPU pusat. Dan kegiatan ini merupakan arahan langsung dari Kepala BIN Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan.

“Kami dari medical intelijen Badan Intelijen Negara menyelenggarakan swab massal khususnya bagi karyawan KPU dan anggota KPU di kantor KPU pusat,” kata dia di Jakarta, Selasa (4/8)

Sony menyebutkan dengan adanya swab test diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di internal KPU Pusat. Sebab, KPU sendiri akan memiliki hajat besar yaitu menyelenggarakan Pilkada serentak 2020 pada akhir tahun ini

“Harapan kami bahwa kegiatan ini dapat memutus mata rantai khususnya di KPU pusat,” katanya. (Aza/Ant)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here