Tagar #FerdinandTukangHoax Trending Topik, Gegara Unggah Foto Hoaks Habib Rizieq

Indonesiainside.id, Jakarta – Tagar #FerdinandTukangHoax jadi trending topik Twitter menduduki posisi nomor satu, Ahad (30/8).

Tagar itu bentuk kecaman netizen atas Ferdinand Hutahaean, politisi Partai Demokrat yang menjabat Kepala Biro ESDM DPP Partai Demokrat.

Hal ini bermula dari postingan Ferdinand Hutahaean di akun twitternya yang mengunggah sebuah foto Habib Rizieq.

Masalahnya foto yang diunggah Ferdinand itu adalah foto hoaks alias editan, yang dibuat dengan tujuan tidak benar karena mengabaikan realitas atau fakta sebenarnya.

Foto itu memuat beberapa tokoh masyarakat, antara lain Habib Rizieq, dan tokoh lainnya. Namun, Habib Rizieq digambarkan berdekatan dengan seorang wanita yang tak lain adalah Firza Husein.

Foto sebenarnya adalah bukan Firza Husein, tapi bersama Rachmawati Soekarnoputri. Kejadian itu pada 13 November 2016 ketika Rachmawati Dan Habib Rizieq menggelar silaturahmi untuk keselamatan NKRI.

Rachmawati Soekarnoputri bertemu dengan Ketua Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq untuk membahas soal isu-isu terkini terkait kondisi di tanah air, terutama situasi setelah demo 411.

Belum tahu ada latar belakang apa foto ini kembali diunggah oleh Ferdinand Hutahaean.

Akibatnya netizen marah atas ulah politisi Partai Demokrat ini hingga tagar #FerdinandTukangHoax jadi Trending Topik twitter.

Netizen lainnya juga mengunggah hoaks lain yang dilakukan oleh Ferdinand. Termasuk menyebar hoaks soal narasi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang menjamu beberapa orang-orang Arab Saudi. Padahal nyatanya, Anies lah yang diundang dan dijamu.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here