Regenerasi Tak Mulus, Timnas Jerman Bukan Lagi Jadi Unggulan

Indonesiainside.id, Muenchen – Pemain Timnas Jerman Toni Kroos mengakui bila tim nasional Jerman saat ini tidak difavoritkan menyongsong putaran final Piala Eropa 2020.

Kroos turut menyumbangkan dua gol untuk turut mengantarkan Jerman menang 4-0 atas Belarusia dalam laga ketujuh kualifikasi Grup C di Stadion Borussia-Park, Moenchengladbach, Sabtu setempat (Minggu WIB), demi memastikan kelolosan Der Panzer ke putaran final Piala Eropa 2020.

Menurut Kroos, ia dan rekan-rekannya masih kekurangan sedikit pengalaman namun perlahan mulai menemukan pola permainan yang efektif.

“Kami masih sedikit kekurangan dalam hal pengalaman, namun beberapa prosedur mulai berjalan dengan baik dan baik,” katanya dalam komentar purnalaga dalam laman resmi UEFA.

Namun Kroos menegaskan hal itu tidak berarti apapun ketika putaran final Piala Eropa 2020 mulai digelar di 12 kota di 12 negara berbeda di Benua Biru itu pada 12 Juni tahun depan.

“Saat ini saya tak akan menghitung kami sebagai salah satu tim favorit, namun itu tak berarti apapun,” ujarnya.

Timnas Jerman memang tengah melewati fase regenerasi yang berjalan tidak terlalu mulus setelah menjadi juara dunia pada 2014.

Keampuhan sentuhan Joachim Loew sebagai pelatih kepala masih tersisa ketika mengantarkan Jerman menjadi tim peringkat ketiga Piala Eropa 2016, namun dua tahun berselang dipermalukan sebagai juara bertahan Piala Dunia dan terhenti pada fase grup hanya dengan satu kemenangan.

Sesudahnya, dalam edisi inagurasi UEFA Nations League Jerman gagal memetik satu kemenangan pun dan menjadi juru kunci Grup 1 Liga A. Der Panzer harus rela turun kasta ke Liga B ketika UEFA Nations League kembali bergulir musim 2020/2021.

Kini, perlahan tapi pasti Jerman mulai menuju ke arah tren positif termasuk dengan menduduki posisi puncak Grup C Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan menyisakan satu pertandingan kontra Irlandia Utara tiga hari ke depan.(EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here