Roda Kompetisi di Belgia Dihentikan, Club Brugge Dinyatakan Juara

club brugge
Para penggawa Club Brugge dari Belgia. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Brussel – Induk organisasi sepak bola Belgi telah menutup pintu kompetisi di negaranya. Akibat wabah virus corona, roda kompetisi di sana langsung dinyatakan berhenti.

Sisa laga yang masih satu pekan lagi dianggap tak lagi perlu diteruskan. Induk organisasi sepak bola di sana juga menyatakan Club Brugge sebagai kampiun kompetisi periode 2019/2020.

Brugge saat ini memang bertengger di puncak klasemen. Poin yang dimpulkan 70, berselisih 15 dengan urutan kedua yang dipegang KAA Gent. Pengumuman ini disiarkadalam laman resmi Liga Belgia pada Kamis (2/4) WIB.

Hasil pertarungan Piala Liga Belgia yang belum diputuskan. Apakah akan dilanjutkan atau ikut berhenti juga. Agenda ini masih akan dirundingkan beberapa waktu ke depan.

Pembahasan untuk menghentikan kompetisi itu diikuti 24 klub dari dua kasta tertinggi sepak bola di sana. Sejak awal, sudah ada 17 klub yang menyerukan supaya kompetisi dihentikan saja akibat wabah corona yang makin meluas.

Ketok palu yang dilakukan Liga Belgia ini berseberangan dengan kebijakan UEFA (Asosiasi Sepak Bola Eropa). UEFA pernah memerintahkan agar kompetisi liga sepak bola di masing-masing negara tetap dilanjutkan, meski harus berakhir hingga sekitar bulan Agustus 2020.

Seruan UEFA itu berbeda dengan kehendak sebaian besar klub di Belgia. Mayoritas klub justru minta agar roda kompetisi segera disetop dan tak lagi bergulir. Para klub sangat mengkhawatirkan kondisi para pemain dan masyarakat secara keseluruhan, akibat serangan virus dari Cina tersebut.

Serangan virus corona memang masih belum reda di Belgia. Hingga sekrang sudah ada tak kurang dari 1.000 korban nyawa kibat virus corona di negara dengan penduduk 11,5 juta orang itu. (AS)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here